Karimun – Tepat setahun yang lalu, prestasi siswa SMKN Kundur dengan produk KuTani yang menembus babak Final Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMK Tingkat Nasional cukup menggemparkan karena sangat membanggakan masyarakat Kundur. Kemudian di Tahun 2022 ini, mereka kembali mengulang prestasi dengan menjadi satu-satunya SMK dari Provinsi Kepulauan Riau yang masuk ke penjaringan Tahap 3 (Babak Final) ajang yang sama.

Inovasi yang mengantarkan mereka masuk ke babak Final diberi nama KOMPLIT. “KOMPLIT adalah produk kompos olahan yang terbuat dari batang pisang dan limbah tebu, yang kami olah sedemikian rupa sehingga menjadi pupuk. Kami berharap KOMPLIT dapat diproduksi secara massal, sehingga menjadi alternatif kompos pemasok pupuk organik di pulau Kundur untuk membantu masyarakat petani”, ujar Abdul Ikhlas Rezeki Arafat, Ketua Tim yang diamini oleh Misri, sebagai anggota.

BACA :  Pupuk Limbah Tebu dan Batang Pisang, Antarkan SMK Kundur Juara FIKSI SMK Nasional

Sebelumnya, SMK Negeri Kundur mengutus 4 tim di 4 bidang berbeda yang sudah lolos ke Tahap 2 (Semi Final), dan 1 tim mampu masuk ke babak Final (Tahap 3). ” Tahun ini tidak nyangka bisa masuk final lagi, tahun lalu produk KuTani yang masuk Final. Awalnya kami daftar 4 tim di 4 bidang, bisa masuk semua di Semi Final sebagai satu-satunya sekolah dari Kepri. Semoga di Final tahun ini Kami bisa dapat medali”, ujar Sungkono guru jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan.

Tahap 3 (Final) FIKSI SMK Nasional akan dilaksanakan 14-18 November mendatang, dengan peserta memaparkan Poster, Presentasi dan Tanya Jawab dengan Dewan Juri secara daring. “Kami mohon doakan Kami, semoga bisa lancar di Tahap 3, dan bisa dapat medali. Terima kasih semua pihak yang sudah membantu kami selama persiapan.” tambah Ikhlas.

BACA :  Pupuk Limbah Tebu dan Batang Pisang, Antarkan SMK Kundur Juara FIKSI SMK Nasional

Tahun 2022, 4 Tim Berhasil Tembus Semi Final FIKSI

FIKSI SMK sendiri merupakan perlombaan di bidang inovasi dan wirausaha yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Pusresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang mempertemukan seluruh siswa SMK (dilaksanakan daring sejak tahun 2020) untuk berkompetisi terkait dengan rencana usaha dan pengembangan usaha yang bisa dikembangkan. FIKSI SMK dilaksanakan dalam 3 babak pertandingan, Tahap 1 dengan menjaring seluruh proposal yang masuk dari SMK seluruh Indonesia, kemudian dipilih 30 besar untuk masuk ke Tahap 2 yang kemudian diseleksi kembali 10 besar untuk masuk ke Babak Final.

Peserta yang mewakili SMKN Kundur pada tahun 2022 adalah :
– Abdul Ikhlas Arafat (XI ATP) dan Misri (XII ATP), bidang Agribisnis dan Kemaritiman, dengan inovasi : KOMPLIT, yaitu Kompos Batang Pisang dan Limbah Tebu, yang berhasil masuk Tahap 3 (Final 10 Besar Nasional).
– Cindy Natalia Simarmata (XII TKJ), bidang Teknologi Digital, dengan inovasi : Platform KuDesa, aplikasi digital untuk keperluan administrasi dan pelayanan publik pemerintah desa, berhasil masuk Tahap 2 (Semi Final 30 Besar Nasional).
– Nor Fazira (XI TEI), bidang Pariwisata dan Kuliner, dengan inovasi : Kampung Durian Kundur, rancangan perjalanan wisata kuliner musiman yang menyuguhkan produk durian berkualitas Kundur, berhasil masuk Tahap 2 (Semi Final 30 Besar Nasional).
– Evi Natasya Wulandari (XII TKJ) dan Nurul Aysah (XII TKJ), bidang Industri Kreatif, dengan inovasi : SMKreative, pusat pemberdayaan dan Pengembangan Musik Tradisi Melayu, berhasil masuk Tahap 2 (Semi Final 30 Besar Nasional).
– Sementara untuk bidang Kesehatan dan Wirausaha Sosial, tidak mengutuskan peserta perwakilan.*

Previous articleMempringati Hari Sumpah Pemuda, TK Pembina Tembilahan Gelar Karnaval Ragam Budaya
Next articledr Saud Pakpahan Sebut Korban Pencabulan Masih Trauma