Sejak Januari 2016, Ribuan Guru Honor Madrasah Belum Terima Gaji !

Ilustrasi guru Honorer
Ilustrasi guru Honorer

Kundur News.

Ribuan guru honor disejumlah madrasah di Bengkalis Riau, Resah. Pasalnya Terhitung sejak Januari 2016 sampai dengan saat ini, mereka belum terima gaji.

Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Guru Madrasah (PGM) Kabupaten Bengkalis, H Ridwan Ahmad, Selasa (12/4/2016) yang dilansir media GoRiau.com.

Ribuan guru honor madrasah tersebut terdiri dari RA, DTA, MI, MTs, dan MA di Kabupaten Bengkalis hingga saat ini belum memperoleh kejelasan pembayaran honor mereka.

”Sudah banyak keluhan yang kita dengar dari para guru honor di Bengkalis terkait kapan pembayaran honor mereka dilakukan. Kita mohon kepada Bupati Bengkalis untuk dapat menyikapi hal ini,” ujar Ridwan Ahmad.

Dipaparkan Ridwan Ahmad yang juga Kepala Madrasah Aliyah Al-Huda Bengkalis, pihaknya sudah mengkonfirmasikan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis guna mempertanyakan kejelasan honor ribuan guru madrasah ini.

”Menurut jawaban yang diberikan Kepala Kantor Kementerian Agama, Bapak H Jumari baru-baru ini, secara institusi pihaknya merasa keberatan jika honor guru madrasah dibayarkan melalui instansi yang dipimpinnya. Bahkan Kemenag Bengkalis juga sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Daerah agar honor guru madrasah dibayarkan melalui Pemerintah Daerah saja,” sebut Ridwan Ahmad.

Diterangkan Ridwan Ahmad, terkait belum diperolehnya kepastian pembayaran honor bagi guru-guru madrasah ini, terlebih setelah memperoleh keterangan dari Kemenag Bengkalis yang menginginkan honor guru madrasah tahun ini dibayarkan melalui Pemerintah Daerah, PGM Bengkalis, Jumat (8/4/2016), telah melayangkan surat kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin melalui Bagian Umum Setda Bengkalis minta waktu audiensi guna membicarakan persoalan ini.

”Kita dari PGM Kabupaten Bengkalis sudah mengirim surat kepada Bapak Bupati Bengkalis. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada jawaban untuk dapat bersama-sama kita melakukan pembicaraan mengenai nasib guru-guru madrasah yang sudah masuk bulan keempat belum menerima honor,” ujar Ridwan Ahmad.

Selain belum diperolehnya kejelasan terkait pembayaran honor guru-guru madrasah tahun ini, Ridwan Ahmad juga mengharapkan agar rencana untuk menaikkan honor guru madrasah dapat direalisasikan nantinya. Apalagi, kata Ridwan Ahmad, Bupati Bengkalis telah berjanji untuk menaikkan honor guru-guru madrasah di Kabupaten Bengkalis ketika berkampanye beberapa waktu lalu.