Inhil – Menindaklanjuti kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Inhil kembali melakukan fogging di kelurahan Tembilahan Hulu tepatnya Jalan Pelita Jaya, Senin (5/9/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasuri SKM., MKL menyebutkan pelaksanaan Fogging ini merupakan upaya pencegahan kasus DBD di wilayah Tembilahan.

Selain upaya Fogging, Dinkes ini juga meminta peran aktif masyarakat dan lintas sektor untuk mitigasi pencegahan DBD ini.

“Karena memasuki musim hujan, kita minta peran aktif masyarakat dan lintas sektor untuk mitigasi pencegahan Deman Berdarah ini. Tetap saja mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi kita himbau terus masyarakat untuk menerapkan 4 M Plus,” ujarnya.

Yang harus dilakukan, lanjut Rahmi, yakni 4M 1. Menguras, 2. Menutup, 3. Mengubur, 4. Memantau. “Menguras tempat penyimpanan air, Menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi tempat perindukan nyamuk, Mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk atau mendaur ulang barang bekas yang bernilai ekonomis, Memantau jentik secara rutin dan terus menerus,” jelasnya.

Selain itu, katanya, ada juga upaya lain yang sering disebut dengan plus. “Mencegah gigitan nyamuk dengan cara tidur menggunakan kelambu, memakai lotion atau sprey anti nyamuk, memasang kawat anti nyamuk pada fentilasi rumah, tidak menggantung pakaian kotor di belakang pintu, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk dan menjaga kebersihan,” imbuhnya.(adv)*