Kundurnews – Sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo nomor tiga, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi tengah giat membangun jaringan komunikasi di daerah pinggiran Indonesia.

Di Pulau Kalimantan misalnya, akan dibangun jaringan komunikasi di daerah terpencil dan perbatasan seperti Entikong dan Singkawang. Hal ini karena pemerintah mengejar target pada tahun 2019, semua ibukota kabupaten/kota se-Indonesia sudah terhubung dengan broadband.

“Ini adalah konsep tol informasi, seperti tol laut,” kata Menkominfo Rudiantara saat mengecek media centre Sail Karimata, di Kayong Utara, Jumat (14/10).

Kemenkominfo memang memiliki program membangun BTS di semua desa-desa yang jauh dan terletak di perbatasan dengan negara tetangga. Selama berada di Pulau Kalimantan, Rudiantara akan mengunjungi Entikong bersama Mendagri Tjahjo Kumolo untuk melihat wilayah perbatasan di sana. Kemudian di wilayah Singkawang, akan dilakukan groundbreaking Palapa Ring untuk keseluruhan Pulau Kalimantan.

“Supaya pembangunan tidak Jakarta sentris lagi. Semua wilayah Indonesia harus terhubung dengan telekomunikasi. Selain di Kalimantan, kita juga akan menyasar ke Nusa Tenggara,” kata dia.

Khusus untuk Pulau Kalimantan, Rudiantara menargetkan, pada bulan desember mendatang, seluruh Pulau Kalimantan akan tersambung dengan jaringan ponsel dan internet dari provider Telkomsel.

Pada kesempatan itu, Rudiantara juga mengunjungi media centre Sail Karimata yang berada di tengah-tengah venue acara puncak di Pantai Pulau Datuk, Kayong Utara. Rudiantara berdialog dengan pihak Telkom dan Telkomsel yang memasok koneksi internet dan Wi-Fi untuk memanjakan pekerja media meliput gelaran Sail Karimata 2016.

 

 

HarianSib