Kundurnews – Satu sungai tapi punya dua warna? Itulah keajaiban sungai di Swiss dan Brasil. Walaupun disatukan airnya tetap tidak menyatu!

Sungai tersebut adalah Subgai Rhone dan Sungai Arve. Dari berbagai informasi yang dikumpulkan oleh detikTravel, Kamis (6/10/2016), Kedua sungai ini bertemu di daerah La Jonction, bagian barat Jenewa, Swiss.

Sungai-sungai ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Mulai dari Sungai Rhone yang berwana biru sedangkan Sungai Arve berwarna coklat susu.

Dikutip dari detik.com, kedua warna dari sungai ini tidak dapat menyatu dikarenakan memiliki karakteristik yang berbeda. Mulai dari perbedaan suhu, salinitas dan kerapatan massa air.

Perbedaan kedua warna sungai seperti ada pembatas (The Top Teen/Youtube)Perbedaan kedua warna sungai seperti ada pembatas (The Top Teen/Youtube)

Hal ini disebabkan oleh perbedaan asal sungai. Sungai Rhone yang berwarna biru kehijau-hijauan ini berasal dari Danau Lehman. Sedangkan Sungai Rhone berasal dari gletser Lembah Chamonix di rangkaian Pegunungan Alpen yang mengandung lumpur.

Traveler yang ingin melihat fenomena alam ini dengan jelas bisa datang ke Cool Bridge di Chemin William-Lescaze, Jenewa. Fenomena ini terlihat jelas dari atas jembatan.

Waktu terbaik untuk melihat keajaiban alam ini adalah di akhir musim semi sampai awal musim gugur menurut waktu setempat. Di waktu inilah warna kedua air sungai akan terlihat perbedaannya.

Sama halnya dengan Swiss, Brasil pun memiliki fenomena unik ini. Keajaiban alam ini berada di Kota Manaus, Brasil.

Fenomena yang sama juga terjadi di Brazil (Did You Know?/Youtube)Fenomena yang sama juga terjadi di Brazil (Did You Know?/Youtube)

Sungai Rio Negro dan Sungai Amazon akan bertemu di Kota Manaus. Kedua sungai ini seakan memiliki pembatas di tengah perairan.

Sungai Rio Negro yang berwarna kehitaman memiliki karakterisitik yang hangat dan membawa endapan rawa. Sedangkan Sungai amazon bersuhu dingin dan membawa pasir sehingga berwarna coklat.

Fenomena dua warna dalam satu perairan ini memiliki panjang 6 km ke arah hilir. Keajaiban alam ini dikenal oleh masyarakat lokal dengan nama Encontro das Aguas artinya pertemuan dua air.

Traveler yang penasaran dengan fenomena ini bisa bisa berkunjung dari bulan Januari sampai Juli karena arus perairan sedang dalam kondisi cepat. Sehingga perbedaan warnanya akan terlihat sangat mencolok. Berminat?

Fenomena yang bikin turis penasaran (Mikeandcharlene7's channel/Youtube)Fenomena yang bikin turis penasaran (Mikeandcharlene7’s channel/Youtube)