Denpasar - Tenaga Pendidik Diminta Untuk Terus Meningkatkan Kualitas

Kundur News  – Denpasar. Para tenaga pendidik diminta untuk terus meningkatkan kualitas, mengingat profesi guru mememiliki peran strategis didalam memberikan pengetahuan dan membangun karakter melalui Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan sumber daya yang dihasilkan nantinya  bukan hanya cerdas tapi juga mampu bersaing dan hidup dengan baik di tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam arahanya usai menyerahkan Surat Keputusan Pengalihan status Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari PNSD Kabupaten/Kota menjadi PNSD Provinsi yang dilaksanakan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Kamis(29/12).

Pastika mengungkapkan Bali sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya, sehingga kualitas dari pendidikan di Bali sangat ditentukan oleh kualitas dari tenaga pendidik yaitu para guru.

Apalagi Bali tidak memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan. “Bali hanya tergantung pada kualitas sumber daya manusia, alam yang indah dan bersahabat dan budaya yang adiluhung. Hanya itu yang kita punya, hanya punya manusia dan kualitasnya tergantung pada pendidikannya,” tegas Pastika.

Pastika meminta guru sebagai tenaga pendidik betul-betul menerapkan disiplin, dan mengajarkan anak didik untuk bekerja keras, berjuang memperkuat semangat dalam menatap masa depan yang lebih baik.

Tugas para tenaga pendidik mengingatkan para generasi muda agar tumbuh dan unggul secara kualitas dan bukan sebaliknya. Pastika mengaku merasa sedih melihat akan – anak muda yang kalah ataupun tidak mau bersaing karena rendahnya fighting spirit, dan sifat manja yang dimiliki.

Pastika berharap gara para tenaga pendidik memahami visi Bali Mandara dalam upaya untuk memajukan dunia pendidikan di Bali. Dengan demikian para generasi muda yang dihasilkan akan mampu menjadi generasi yang maju dan memiliki cara berpikir yang maju namun tetap sopan, cinta tanah air, tetap menyama braya dan tidak menjadi individualistis yang matrealistis dan konsumeristis.

“Sebagai gubernur saya berharap banyak, saya ingin generasi – generasi selanjutnya yang dihasilkan melalui didikan saudara menjadi generasi Bali yang mampu untuk bersaing baik secara nasional maupun global namun tetap berkepribadian yang baik mempunyai fighting spirit yang tinggi untuk berjuang dengan orang lain,” ujar Pastika.*

 

(Muliarta)