Terminal Bus Pekanbaru Sepi, Terminal Bayangan Diminta Untuk Ditutup

Kudur News – PEKANBARU – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap semua terminal-terminal bayangan yang ada di Pekanbaru untuk dapat ditutup. Hal itu disampaikannya ketika meninjau Terminal Bus Tipe A Payung Sekaki, Pekanbaru, Sabtu (4/11). Penutupan itu dalam upaya penertiban dan perbaikan sistem.

Budi ingin memperbaiki sistem yang selama ini, bus-bus tak banyak yang beroperasi di terminal. “Saya melihat bus-bus ini ada di terminal bayangan karena memiliki terminal sendiri-sendiri di kantor masing-masing,” kata dia, Sabtu (4/11).

Budi yakin upaya menutup terminal bayangan di Pekanbaru bisa berhasil karena ia mencontohkannya pada saat penutupan serupa di Jakarta. Menurutnya, jika bandara bandara bayangan masih selalu ada, maka akan membuat angkutan antar moda tidak berjalan dengan baik.

“Nanti yang di dalam kota dan antar kota tidak bisa berjalan dengan baik. Makin lama jadi tidak kompetitif nanti makin lama tutup,” jelas Budi.

Budi juga meminta penutupan terminal bayangan itu di semua terminal di Pekanbaru.

Terminal Bus Tipe A Payung Sekaki, Pekanbaru saat ini dibangun sebagai pengganti Terminal Mayang Terurai. Terminal tersebut melayani trayek dari Riau menuju Sumatra Utara, Sumatra Barat, Aceh, Pulau Jawa, dan daerah lain di Pulau Sumatra.*