Thailand Jajaki Peningkatan Kerjasama Dengan Bali

    Kundur News – Denpasar – Pemerintah Thailand menawarkan kepada pemerintah provinsi Bali untuk melakukan peningkatan kerjasama. Peningkatan kerjasama yang diharapkan salah satunya adalah kerjasama bidang pariwisata. Tawaran tersebut disampaikan Duta Besar Thailand untuk Indonesia H.E. Mr. Pitchayaphant Charnbhumidol saat bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Kantor Gubernur Bali Renon-Denpasar.

    Charnbhumidol menyampaikan  bahwa animo warga Thailand untuk berwisata  ke Bali cukup tinggi. Buktinya dapat dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan Thailand  ke Bali meningkat setiap tahunnya.

    Kedepannya Charnbhumidol berharap dapat dibuka lebih banyak lagi penerbangan langsung ke Thailand dari Bali dan demikian sebaliknya Thailand juga akan membuka lebih banyak penerbangan langsung ke Pulau Bali, dengan demikian  sektor pariwisata ke dua tempat akan terus tumbuh dan berkembang .

    Bali memilki banyak persaman dengan Thailand. Saya berharap dengan kunjungan ini kerjasama yang sudah  ada akan semakin erat dan hubungan persaudaraan terjalin semakin baik. Mungkin Bali bisa menjadi sister city dari salah satu kota di  Thailand , “ kata Charnbhumidol.

    Charnbhumidol menyampaikan bahwasannya Bali dan Thailand memiliki banyak persamaan, disamping dari segi budaya,  Bali dan Thailand juga sama-sama sebagai daerah tujuan pariwisata dunia. Dimana kondisi alam Thailand khususnya Thailand  bagian selatan yang memiliki deretan pantai yang indah  sama seperti  pantai-pantai indah yang ada Bali.

    Charnbhumidol menambahkan peningkatan kerjasama antar kedua wilayah perlu terus  ditingkatkan, tidak hanya sebatas kerjasama dalam bidang pariwisata. Kerjasama lain yang  dapat dikembangkan diantaranya dalam bidang perdagangan, pertanian bahkan investasi sehingga perekonomian kedua wilayah akan terus  meningkat.

    Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan Bali dan Thailand memilki banyak persamaan, sehingga banyak sektor yang dapat dilakukan kerjasama antara kedua belah pihak. Thailand  tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya, Thailand juga dinilai sangat berhasil dalam bidang pertanian, sehingga kedepannya kerjasama dalam bidang pertanian akan terus ditingkatkan.

    “Thailand sangat berhasil dalam bidang pertanian. Setiap tahun kita selalu mengirim petani kita untuk belajar pertanian di Thailand. Saya harap kerjasama kita dapat terus ditingkatkan, tidak hanya sebatas pada  sektor pariwisata, tapi juga sektor pertanian, pendidikan, perdagangan dan investasi. Banyak hal yang bisa kita lakukan bersama, kita tingkatkan terus kerjasama yang sudah terjalin selama ini, “ papar Pastika.