Inhil – Tim Jemput Bola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Kepala Disdukpencapil Inhil Mizwar Effendi melalui Sekretaris Disdukpencapil Kabupaten Inhil Nursal Sulaiman mengatakan, bahwa perekaman KTP-el kali ini dilakukan di Kantor Lembaga Kemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan.

“Itu perekaman ke lembaga pemasyarakatan. Ada warga binaan orang daerah Batu Bara Sumatera utara belum punya KTP-el dan belum pernah merekam sementara anaknya disana mau mendaftar jadi TNI dan terkendala dengan KTP bapaknya,” ujar mantan Kabag Humas Setda Inhil itu via WhatsApp, Selasa (2/8/22).

BACA :  Masyarakat Antusias Sambut Layanan Keliling Disdukpencapil Inhil

Nursal yang juga pernah menjabat sebagai Camat Mandah itu menjelaskan, pihak Disdukpencapil Kabupaten Batubara menghubungi Disdukpencapil Inhil minta bantu rekaman dan langsung ditindak lanjuti komunikasi dengan pihak Lapas dan mereka setuju.

“Alhamdulillah kita rekam di Inhil dan sesaat setelah itu, hanya hitungan menit, KTP-el nya sudah bisa mereka cetak di Disdukpencapil Kabupaten Batubara. Sehingga anaknya dapat mendaftar karena sudah dapat KTP bapaknya,” tukasnya.

BACA :  LP Kelas IIA Tembilahan Berdama Disdukpencapil Gelar Perekaman e-KTP

Lebih lanjut, Mantan Camat Gaung itu juga memaparkan, pihaknya selalu berkomitmen untuk senantiasa memudahkan masyarakat dalam hal dokumen kependudukan sejauh persyaratannya lengkap dan sesuai prosesur, maka akan dilayani dengan maksimal dan tepat waktu.

“Karena kita tau saat ini dokumen kependudukan terutama KTP El dan KK menjadi syarat utama bagi warga untuk mendapatkan pelayanan publik lainnya. Kita akan mencoba membahagiakan masyarakat dalam hal ini sesuai dengan bidang tugas yg diberikan kepada Disdukpencapil Inhil,” jelasnya.

BACA :  Permudah Layanan Masyarakat, Disdukpencapil Inhil Mengadakan 5 Alat Perekam Admiduk Disejumlah Kecamatan

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Kantor Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan Julianto melalui Kasi Binadik Ahlan Suryasari menjelaskan, kegiatan itu berlangsung kemarin, satu orang warga binaan lapas melakukan perekaman KTP-el.

“Iya, kemarin perekaman KTP-el, karena anaknya mau masuk TNI, sebelumnya pihak Capil Batubara dan Capil Inhil sudah berkoordinasi untuk melakukan perekaman ini, dan kami hanya memfasilitasi,” imbuhnya.*

Previous articleWisata Kolam Pancing Simad, Obyek Wisata Menarik Untuk Dikunjungi
Next articleKetua DPRD Inhil Hadiri Peresmian Rumah Restorative Justice