Karimun – Tim Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kabupaten Karimun mengeluarkan Laporan Harian Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Priode 08 April 2020. Diantaranya data jumlah ODP (Orang Dalam Pantauan), PDP (Pasien Dalam Pantauan), jumlah bantuan dan lainnya yang dianggap penting.

Berikut ini jumlah berdasarkan tiap-tiap Kecamatan di Kabupaten karimun.

Kecamatan Meral Barat :

Jumlah WNI   : 87 ODP : 2 ODP Keluarga : 6 PDP  : 0 PDP Kontak Erat: 0

Kecamatan Karimun :

Jumlah WNI  : 493 ODP : 4 ODP Keluarga : 16 PDP  : 0 PDP Kontak Erat: –

Kecamatan Kundur

Jumlah WNI   : 474 ODP  : 2 ODP Keluarga : 4 PDP   : 0 PDP Kontak Erat: 0

Kecamatan Kundur Utara :

Jumlah WNI  :  423 ODP  :  25 ODP Keluarga :  52 PDP   : 0 PDP Kontak Erat:  0

Kecamatan Kundur Barat

Jumlah WNI  : 344 ODP  : 2 ODP Keluarga : 7 PDP  : 1 PDP Kontak Erat: 3

Kecamatan Ungar :

Jumlah WNI   :  274 ODP  :  11 ODP Keluarga :  40 PDP    :  0 PDP Kontak Erat:  0

Kecamatan Meral :

Jumlah WNI  : 196 ODP : 4 ODP Keluarga : 11 PDP   :3 PDP Kontak Erat: 36

Kecamatan Tebing :

Jumlah WNI  : 218 ODP  : 0 ODP Keluarga : 0 PDP  : 0 PDP Kontak Erat: 0

Kecamatan Buru :

Jumlah WNI  :  483 ODP   :  4 ODP Keluarga :  7 PDP  :  0 PDP Kontak Erat:  0

Kecamatan Durai :

Jumlah WNI   :  135 ODP  :  1 ODP Keluarga :  6 PDP   :  0 PDP Kontak Erat:

Kecamatan Moro :

Jumlah WNI  :  293 ODP   :  1 ODP Keluarga :  4 PDP   :  0 PDP Kontak Erat:  0

Kecamatan Belat :

Jumlah WNI  :  338 ODP   :  0 ODP Keluarga :  0 PDP   :  0 PDP Kontak Erat:  0

 

DATA PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19 PER 08 APRIL 2020

BACA :  Dua Anggota Polri Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinyatakan Sembuh

1 Jumlah Puskesmas : 13 Unit

  1. Jumlah Rumah Sakit : 2Unit
  2. Jumlah Rumah Sakit Rujukan : 1Unit
  3. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) : 246 Orang
  4. Jumlah Orang Dalam Pemantauan / Kontak Keluarga : 779 Orang
  5. Jumlah Orang Selesai Dalam Pemantauan : 193 Orang
  6. Jumlah Orang Proses Dalam Pemantauan : 53 Orang
  7. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan(PDP) : 12 Orang
  8. Jumlah Orang Selesai Dalam Pengawasan : 7 Orang
  9. Jumlah Orang Proses Pengawasan : 4 Orang
  10. Jumlah orang yang di Lab/Spesiemenon Proses : 5 Orang
  11. Jumlah Orang PositifCovid19 (SudahSembuh) : 1 Orang
  12. Jumlah yang meninggalPDP : 1 Orang
  13. Jumlah Pasien Yang Sembuh Dari Covid19 : 1 Orang
  14. Reaktif Rapid : 1 Orang
  15. Negatif Rapid : 95 Orang

 

KESIMPULAN:

Berdasarkan penyajian data yang di himpun dari Tim Gugus Tugas Covid19 Per 8  April  2020 dalam percepatan penanganan dan pencegahan COVID 19  maka dapat di laporkan pada beberapa Kegiatan yang telah dilakukan antara lain sebagai berikut:

KEGIATAN PENANGANAN & PENCEGAHAN KESEHATAN

  1. Melakukan Kegiatan Sterilisasi Lingkungan Sekitar melalui Penyemprotan Cairan disinfektan dibeberapa wilayah KecamatanMoro
  2. Melakukan Kegiatan Fasilitasi Penampungan ODP ditempat Karantina ODP di Kecamatan Kundur Utara
  3. Melakukan Kegiatan Pendataan dan Pemantauan terhadap Kunjungan WNI/PMI/Warga Yang Mudik di Pintu-Pintu Masuk Pelabuhan di beberapa Wilayah Kabupaten Karimun (Kec.Karimun dan Kec.Buru)
  4. Melakukan Kegiatan Sosialisasi dan Pemeriksaan Rapid Test terhadap warga yang Pulang dari Jakarta, Solo, Pekanbaru dan Tanjung Pinang di Kecamatan Kundur dan Kecamatan Buru
  5. Melakukan Kegiatan Pengambilan Sampel Rapid Test bagi ODP di Kecamatan Kundur Barat
  6. Melakukan Kegiatan Sosialisasi dan Himbauan ke Masyarakat terkait Kebijakan Pemerintah dalam upaya percepatan penanganan pencegahan penyebaran Covid 19 (Himbauan untuk Sosial Distancing, Physical Distancing, Tetap Di rumah, Gunakan Masker, Tunda Mudik, dan Aturan Pemberlakuan Jam malam) yang dilakukan secara sinergi oleh semua komponen dan jajaran Pemerintah di Kabupaten Karimun
  7. KEGIATAN KESEKRETARIATAN COVID19 DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID19
  8. Mengikuti Kegiatan Rapat Koordinasi melalui Video Confrence dalam rangka melakukan antisipasi terkait akuntabilitas pelaksanaan anggaran dan pengadaan barang dan jasa didaerah dalam melakukan upaya percepatan penangananCovid19 di Daerah.
  9. Melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi di Tingkat Kecamatan untuk membahas persiapan dan rencana Kegiatan-Kegiatan kedepannya dalam rangka Percepatan Penanganan Pencegahan Covid 19 di Kecamatan Buru.
BACA :  Dua Anggota Polri Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinyatakan Sembuh

 

Data penanganan covid19 di Kabupaten Karimun 08 April Data penanganan covid19 di Kabupaten Karimun 08 April Data penanganan covid19 di Kabupaten Karimun 08 April Data penanganan covid19 di Kabupaten Karimun 08 April

SARAN:

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap Pelaksanaan KegiatanTim  Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten karimun Per –tanggal 8 April 2020, maka dapat disampaikan beberapa saran sebagai berikut:

  1. Agar Satuan Gugus Tugas yang bertugas menangani masalah penerimaan dan distribusi bantuan dapat mengirimkan Laporan harian perkembangan terkait dukungan bantuan pengaman sosial bagi masyarakat, baik yang diterima dari Pemerintah maupun dari Swasta dalam rangka pertanggungjawaban di kemudian hari.
  2. Agar dapat mempercepat gerakan penggalangan /pengumpulan bantuan melalui gerakan peduli tanggap Covid 19 yang dilakukan secara sinergi di Kalangan ASN maupun Pegawai di Instansi Vertikal lainnya/BUMN/BUMD dalam rangka memberikan bantuan yang sangat prioritas saat ini bagi masyarakat yaitu kebutuhan Masker dan Sembako untuk masyarakat yang terkena dampak langsung Covid19
  3. Agar di tunjuk satuan gugus tugas sebagai leading sektor sebagai koordinator yang bertugas untuk mengkoordinir penggalangan Bantuan sosial bagi masyarakat untuk tertib administrasi dan mempermudah koordinasi maupun dalam pendistribusian yang merata dan tepatsasaran.
  4. Agar melalui Satuan Gugus Tugas yang terkait dapat melakukan trobosan – trobosan dengan memanfaatkan mata anggaran yang tepat guna dan tepat sasaran untuk menggerakan ekonomi kerakyatan melalui UMKM baik itu untuk memproduksi Masker dari bahan kain yang dapat di berikan secara gratis kepada masyarakat sehingga selain dapat meningkatkan perekonomian UMKM dibidang konveksi dan dapat melakukan kegiatan penanganan kesehatan melalui penyediaan Masker maupun trobosan inovasi lain di sektor penyedian bahan pangan dengan memanfaatkan sektor pertanian, peternakan, dan kelautan(perikanan) untuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan kelancaran distribusi di tengah situasi pendemi Covid19
  5. Agar terus menggerakan jajaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun untuk terus bersinergi melakukan upaya-upaya percepatan pencegahan terhadap penyebaran COVID 19 misal terus aktif melakukan sosialisasi dan himbauan terkait Kebijakan Pemerintah Daerah dari Pusat terkait himbauan bagi masyarakat untuk tidak keluar rumah dan senantiasa memperhatikan Sosial Distancing dan Physicall Distancing dan Memakai Masker Jika Keluar Rumah serta Rajin Cuci Tangan sehingga upaya – upaya yang dilakukan dengan disiplin dapat mempercepat dan menekan mata Rantai Penyebaran Covid19 di Kabupaten Karimun.
  6. Agar satuan gugus tugas masing-masing Kecamatan dapat terus meningkatkan Pengawasan dan Pemantauan disetiap Pintu masuk dalam rangka pendataan terhadap WNI/PMI/Warga yang mudik yang menjadi sasaran resiko penyebar Covid-19 untuk diperlakukan sebagai ODP dengan mensosialisasikan agar melakukan Isolasi mandiri, hal ini dilakukan karena berdasarkan data mereka termasuk entitas yang memberikan ancaman terhadap penyebaran Covid 19 jika berasal dari daerah atau Negara terjangkit Covid-19.
BACA :  Dua Anggota Polri Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinyatakan Sembuh

(Sumber: data Humas Pemkab Karimun)