Waduk-Muara-Nusa-Dua-Ditarget-Jadi-Lokasi-Wisata-Air

Kundur News – Denpasar – Waduk Muara Nuasa Dua Bali ditargetkan untuk menjadi lokasi wisata air. Waduk yang berlokasi di Muara Tukad Badung Suwung-Denpasar tersebut sebelumnya dibangun guna menyediakan air baku untuk memenuhi kebutuhan air bersih wilayah Denpasar dan Badung.

Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta mengungkapkan kedepanya waduk yang selama ini berfungsi untuk memenuhi ketersediaan air bersih dapat dikembangkan dan dikelola dikelola dengan baik sebagai tempat tujuan wisata yang baru.

“Kedepan bagaimana waduk ini bisa dikelola dengan baik dan bersih sehingga mampu untuk mewujudkan destinasi baru pariwisata di Bali. Kalau mau berkembang pariwisata kita, obyek-obyek wisata yang baru itu harus kita bangun, dan ini merupakan salah satu peluang destinasi wisata air,” kata Sudikerta saat meninjau Waduk Muara Nusa Dua Suwung, Denpasar, Selasa (20/6).

Kepala Balai Wilayah Sungai Bali – Penida, Ketut Jayada menyampaikan permasalahan sampah masih menjadi kendala pengelolaan selama ini. Sampai saat ini Balai Wilayah Sungai Bali – Penida cukup kewalahan menangani sampah kiriman yang ikut aliran air sungai.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali, Nyoman Astawa Riyadi. Menurut Riyadi, jumlah sampah yang harus ditangani rata-rata mencapai lebih dari lima truk per hari. Sehingga kedepan perlu dilakukan penanganan yang optimal terhadap sampah-sampah yang terkumpul.*