Home Featured Kondisi dan Persiapan Pelabuhan Tanjungbatu dalam Menghadapi Arus Mudik Lebaran

Kondisi dan Persiapan Pelabuhan Tanjungbatu dalam Menghadapi Arus Mudik Lebaran

0
Kondisi dan Persiapan Pelabuhan Tanjungbatu dalam Menghadapi Arus Mudik Lebaran

Kundur News – Tanjungbatu – Kondisi arus mudik di pelabuhan Tanjungbatu sejak senin (19/6) kemarin sudah mulai ada kenaikan arus penumpang yang mencapai lebih dari seribu penumpang atau naik sekitar 100% dari hari biasa. Kondisi ini akan terus meningkat hingga H-2 dan H-1 atau  pada hari Jum’at dan Sabtu (24/6).

BACA: Berita Gembira Bagi Pemudik Melalui Pelabuhan Tanjungbatu

Hal tersebut disampaikan Kepala kantor Unit Penyelenggara pelabuhan Tanjungbatu, Octavinas Nazman, melalui Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut, Edy Purnomo. Ia juga menambahkan musim mudik lebaran tahun ini diperkirakan akan terjadi kenaikan penumpang hingga 2%, dibanding tahun lalu, 2016.

“Sesuai dengan data-data kami, pada tahun ini kita perkirakan akan terjadi kenaikan, sekitar 2%. Namun pada saat ini kita memang belum melakukan penambahan armada, kita masih menggunakan armada regular sebanyak 19 kapal dengan 35 tujuan,”jelasnya.

Ia juga menambahkan akan melakukan penambahan armada jika kondisi memang dibutuhkan, terutama pada H-3,2,dan H-1.

“Kalau memang nantinya dibutuhkan, kita juga sudah mempersiapkan penambahan, dari Marina yang bobotnya lebih besar”, tambah Edy.

Kondisi ponton pelabuhan kedatangan yang rusak pada saat ini, pihak kuasa pelabuhan Tanjungbatu itu akan memaksimalkan penggunaan ponton yang ada, dan pelabuhan alternative lainnya.

Eko, Petugas GAMAT Syahbandar pelabuhan Tanjungbatu saat dihubungi menyebutkan kekurangan ponton pelabuhan diharapkan tidak mengurangi akan kenyamanan penumpang.

“Kita tetap mengutamakan aspek keselamatan penumpang, kenyamanan, ketertiban, serta monitor kondisi cuaca. Pelabuhan beton juga (pelabuhan bongkar muat barang.red) akan kita manfaatkan jika hal tersebut dibutuhkan”, kata Eko.*