wanita-sebaiknya-punya-anak-sebelum-usia-35-tahun

 

 

Ingin memiliki anak? Sebaiknya jangan tunda hingga usia 35 tahun. sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa memiliki anak pertama di usia 35 tahun akan meningkatkan berbagai risiko kesehatan yang berbahaya untuk ibu. Beberapa di antaranya adalah diabetes, pre-eklampsia, dan obesitas.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di University of Eastern Finland. Peneliti menemukan bahwa risiko komplikasi kehamilan lebih tinggi pada wanita berusia 35 tahun ke atas dibandingkan dengan ibu hamil berusia muda. Tentu saja usia bukan penentu segalanya, risiko akan lebih besar jika usia juga didukung oleh faktor lain seperti kebiasaan yang tidak menyehatkan, ungkap ketua peneliti Reeta Lamminpaa.

Jika ibu berusia 35 tahun ke atas memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, kemungkinan untuk mengalami komplikasi seperti kematian bayi, kelahiran prematur, dan bobot bayi kecil akan lebih besar dibandingkan dengan ibu yang berusia muda.

“Ibu berusia 35 tahun yang kelebihan berat badan dan memiliki diabetes, maka kemungkinan melahirkan prematur, kematian bayi, dan pre eklampsia akan lebih besar,” ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Health Site (13/02).

Mengalami kelebihan berat badan saat hamil juga dikaitkan dengan tingginya risiko mengalami kelahiran caesar pada wanita yang hamil di atas usia 35 tahun. Saat ini menunda memiliki anak di usia tua perahan menjadi tren bagi para wanita karier. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk menunda memiliki anak, perhatikan juga risiko kesehatan dan komplikasi yang dihadapi.

 

 

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/sehat/wanita-sebaiknya-punya-anak-sebelum-usia-35-tahun.html