Wirausaha Muda Bali Didorong Kreatif Memajukan Pedesaan

    Kundur News – Denpasar – Wirausaha muda Bali didorong untuk kreatif membangun usaha dalam upaya turut serta memajukan pedesaan. Terutama dalam upaya membangun sumber daya manusia yang unggul. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat menyerahkan Piala kepada para Pemenang Seleksi Wirausaha Muda Berprestasi Provinsi Bali di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Denpasar, pada Senin (30/10).

    Menurut Sudikerta,  diperlukan upaya kreatif dari para generasi muda sebagai ujung tombak penggerak masyarakat desa dalam mengambangkan suatu usaha yang akan memajukan pedesaan tersebut. Para wirausaha muda diharapkan dapat memacu generasi muda lainnya yang ada didaerahnya masing-masing, sehingga semangat entrepreneur di Desa dapat terbangun secara berkesinambungan.

    “Pada Intinya itu agar bisa menghadapi tantangan perekonomian ke depan, jadi kita membutuhkan kemandirian ekonomi yang kuat, sehingga membuat ekonomi daerah itu menjadi lebih kompetitif,” ujar Sudikerta.

    Sudikerta menyampaikan  dengan kompleksitas ekonomi Indonesia  maka penataan ekonominya sebaiknya dimulai dari bawah, yaitu perbaikan di level pedesaan, kabupaten dan kota. Dalam upaya mencapai targer tersebut  generasi muda harus membangun usaha kemandiriannya agar dapat bersaing secara kompetitif dengan anak muda di Negara lain.

    Dari sisi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah sangat mendorong usaha kreatif generasi muda untuk membangun ekonomi kreatif di pedesaan. Hal itu sudah tertuang dalam berbagai program Pemerintah yang telah  dan sedang di kucurkan dan diharapkan program-program tersebut dapat dimanfaatkan secara bijaksana oleh masyarakat.

    Sementara Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa mengatakan bahwa pelaksanaan pengambangan kewirausahaan pemuda difasilitasi secara bersinergi oleh pemerintah daerah, masyarakat dan organisasi kepemudaan melalui pelatihan, pemagangan, pembimbingan, pendampingan, kemitraan, promosi dan bantuan akses permodalan.

    Untuk mendukung hal itu, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali menyelenggarakan Program Pemuda dengan Kegiatan Seleksi Wirausaha Muda dan Pemuda Mandiri Perdesaaan (PMP) untuk menumbuhkan kesadaran dan minat berwirausaha di kalangan pemuda dan pemberian penghargaan kepada pemuda penggerak pembangunan di perdesaan.

    Kegiatan Wirausaha Muda Berprestasi merupakan pemberian penghargaan kepada wirausaha muda yang berprestasi sebagai apresiasi kepada para pemuda yang aktif dalam dunia usaha dan telah menunjukkan hasil serta berpotensi untuk berkembang.

    Sedangkan Pemuda Mandiri Perdesaan berprestasi merupakan apresiasi yang diberikan kepada pemuda yang telah menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan potensi diri, kemandirian dan telah menunjukkan hasil karya dalam menggerakkan pembangunan di bidang kewirausahaan di perdesaan.