Wow, Program Dana Desa, Desa Ngal Panen Perdana 1 Ton Udang Vaname

Ungar – Pemerintah Desa Ngal Kecamatan Ungar, Karimun, melakukan panen perdana udang vaname di tambak udang Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Dusun III Pulau Manda, Senin, (21/03/2023).

Hasil panen dari dua Pokdakan yang terdiri dari dua kolam tersebut mencapai hampir 1 Ton, atau sekitar 950 Kg.

Kepala desa Ngal, Yusri didampingi Kapolsek Kundur, AKP Buala Harefa yang diwakili Ipda Ade William Rompas serta perwakilan dari Camat Ungar, melakukan panen yang disaksikan Kepala UPT Perikanan diwakili Kelik Wiji Asmoro, Penyuluh Perikanan Rusli, Teknis Balai Benih Udang Hapis Periandi, pendamping desa Ungar, awak media dan masyarakat setempat.

BACA :  Panen Udang Vaname Desa Ngal, Kali Ini Capai Hampir 2 Ton

Kepala Desa Ngal, Yusri merasa bersyukur atas keberhasilan penambakan udang tersebut. Harapannya masyarakat dapat lebih giat lagi sehingga mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat desa Ngal.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur dan merasa bangga kepada masyarakat khususnya kelompok budidaya dalam menjalani Program Kegiatan Pangan Dana Desa, desa Ngal Tahun 2022. Semoga tambak ini terus berkembang dan menjadi produk ekonomi andalan,” ujar Yusri.

BACA :  Panen Udang Vaname Desa Ngal, Kali Ini Capai Hampir 2 Ton

Sekretaris desa Ngal, Andi, menjelaskan, dalam program peningkatan ekonomi dibidang pangan, selain tambak udang, desa Ngal juga memiliki tambak ikan lele di dusun II Propos.

“Alhamdulillah Perternakan Lele kita sudah panen dan dalam peningkatan. Selain itu juga kita memiliki kelompok Tani dalam penanaman cabe rawit. Kalau kesemua itu menunjukan perkembangan untuk tahun selanjutnya kembali akan kita anggarkan melalui keuangan desa,” kata Andi.

Dalam kesempatan itu Andi juga berharap kepada pemerintah baik pemerintah Kabupaten maupun Provinsi dapat membantu program-program tersebut.

BACA :  Panen Udang Vaname Desa Ngal, Kali Ini Capai Hampir 2 Ton

“Karena kalau semuanya bersumber dari keuangan desa itu tidak akan memadai. Cotoh saja kalau untuk menggali kolam tambak udang, jika semua proses bersumber dari dana desa itu tidak akan cukup. Jadi untuk itu kami sangat berharap kepada pemerintah untuk dapat membantu pengembangan program ini. Jadi, kami dari desa hanya membantu bibit dan pakan. Kalau semua sejalan saya yakin perkembangan akan semakin pesat,” jelas Andi.*

Previous articleSukseskan Pilkades Serentak 2023, Bupati HM Wardan Buka Bimtek Panitia Pemilihan Kepala Desa dan Pelatihan Tim Pengawas Kecamatan
Next articleDiduga Korupsi, Mantan Kepala Desa Parit, Karimun Ditahan