jusuf-kalla

Kegiatan Jusuf Kalla dua hari menjelang pelantikan sebagai wakil presiden sangat padat, mulai dari janji wawancara dengan beberapa media sampai pertemuan dengan sejumlah tokoh.

Saat dijumpai  Sabtu (18/10/2014) pagi, di kediaman pribadinya di Jakarta Selatan, pria yang akrab disapa JK kedapatan tengah mencukur rambutnya. Abdul Latif (58) adalah tukang cukur yang sejak setahun ini merapikan potongan rambut JK.

JK mencukur rambutnya di halaman belakang rumah. Tempat ini menjadi salah satu lokasi favoritnya untuk melepas penat. Sebuah taman yang dihiasi aneka tanaman, hamparan rumput, berikut dengan kolam ikan ukuran sedang mampu meneduhkan suasana.

Saat rambutnya dicukur, JK masih menyempatkan diri untuk berbincang dengan cucunya. Istri JK, Mufida Kalla, sesekali ikut mendampingi dan bermain dengan cucu-cucunya.

Banyak membaca

Untuk urusan yang lebih serius, kata JK, dia lebih banyak membaca dan memetakan persoalan yang dihadapi Indonesia.

Pertemuannya dengan Wakil Presiden Boediono, Jumat (17/10/2014) kemarin, ia sebut juga sebagai salah satu persiapan sebelum resmi menjabat kembali sebagai wakil presiden RI.

“Saya banyak membaca, pelajari masalah yang terjadi sekarang ini. Program apa yang sudah berjalan dan program apa yang harus dilanjutkan,” ucap JK.

Ia melanjutkan, saat bertemu dengan Boediono di Istana Wapres, ada banyak informasi yang ia dapat. Ia yakin, sejumlah program Boediono di pemerintahan sebelumnya dapat dilanjutkan pada masa pemerintahannya.

“Tidak ada yang berubah (di Istana Wapres). Pak Boediono orangnya sederhana. Semua masih sama, Suasananya masih sama. Pak Boediono bilang, ‘saya kembalikan kantornya Pak JK setelah saya pinjam lima tahun,'” kata JK berseloroh.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, jelang hari pelantikan, Senin (20/10/2014) nanti, ia semakin intens berkomunikasi dengan presiden terpilih Joko Widodo. “Konsultasi terus dengan Pak Jokowi, besok akan banyak mengunjungi tempat penting dan melihat (geladi bersih pelantikan) di (Gedung) DPR,” ucap dia.