ini-dia-10-manfaat-ajaib-si-kecil-cengkeh-untuk-kesehatan

+

+
Sebagai negara penghasil rempah-rempah, cengkeh termasuk jenis rempah yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Menambahkan si kecil rempah ke dalam makanan Anda mampu menambah cita rasa yang lezat.

Selain berasa lezat, cengkeh ternyata juga kaya akan mineral dan vitamin seperti zat antioksidan, protein, serat, kalsium, zat besi, seng, niasin, asa folat, serta berbagai vitamin B, C, E, K, dan D.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat hebat dari si kecil untuk kesehatan tubuh.

Menyembuhkan sakit kepala
Tahukah Anda bahwa makan cengkeh bisa membantu Anda untuk menyembuhkan sakit kepala? Caranya adalah dengan meminum susu yang sudah ditambah cengkeh di dalamnya.

Melindungi lever
Cengkeh memiliki sifat tinggi anti oksidan sehingga mampu membunuh radikal bebas yang dapat merusak kesehatan lever dan organ tubuh lainnya. Oleh karena itu jika Anda ingin menjaga kesehatan lever, cobalah untuk secara rutin mengonsumsi lever.

Meningkatkan kehidupan seksual
Si kecil lever ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual, terutama bagi pria dengan cara meningkatkan libido dan menurunkan infertilitas.
Mengontrol diabetes
Makan cengkeh baik bagi Anda yang memiliki kandungan gula darah tinggi dalam tubuh. Sebab cengkeh akan mengangkut kelebihan gula dari darah sehingga akan terjadi normalisasi kandungan gula dalam tubuh.

Memperkuat tulang dan sendi
Cengkeh kaya akan zat seperti eugenol dan flavonoid yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mineral dalam tulang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Makan cengkeh bisa melindungi tubuh Anda dari semua penyakit menular, terutama di musim hujan seperti ini. Sebab makan cengkeh dapat meningkatkan jumlah sel darah putih Anda sehingga membantu tubuh Anda dalam melawan infeksi.

Mengurangi nyeri tubuh
Makan cengkeh bisa membantu Anda dalam menghilangkan semua nyeri tubuh berkat adanya kandungan eugenol di dalamnya. Oleh karena itu makan cengkeh dapat menggantikan fungsi obat penghilang rasa sakit.

Mengobati sakit gigi
Anda sedang sakit gigi? Cobalah untuk makan cengkeh. Sebab makan cengkeh dapat mengurangi rasa sakit dan membuat saraf Anda jadi mati rasa karena sifat anestesi alami mereka.

Mencegah kanker
Penelitian menunjukkan bahwa makan cengkeh bisa membunuh sel kanker dalam tubuh terutama karena kanker payudara, kanker ovarium, dan berbagai macam jenis kanker yang masih di tahap awal.

Mengobati masalah pencernaan
Cengkeh adalah obat terbaik untuk mengobati berbagai macam masalah pencernaan karena dapat meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Makan cengkeh secara teratur juga dapat mengurangi gas, kembung, iritasi lambung, dan bahkan mual.