Inhil– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi Seluruh Jama’ ah Haji yang akan berangkat ke Tanah Suci, kegiatan pemeriksaan PCR tersebut dilaksanakan di Laboratorium Dinkes Inhil, Minggu (19/6/2022) pagi.

Sebanyak 303 Jamaah Haji beramai ramai datang untuk melakukan tes PCR yang di adakan Pihak Dinas Kesehatan dalam rangka persiapan sebelum keberangkatan ke Arab Saudi, proses Pemeriksaan Tes PCR berjalan dengan aman dan nyaman serta di bantu oleh petugas keamanan Kabupaten Indragiri Hilir.

PLT Dinkes, Budi N Pamungkas melalui Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Inhil, Devi Natalia mengatakan bahwasanya pihak dinkes Kabupaten Inhil hanya memfasilitasi pengambilan sample, nantinya sample akan dikirim ke Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru.

“Kita Dinkes Inhil hanya melakukan memfasilitasi pengambilan sampel saja, kalau hasilnya nanti dari rumah sakit awal Bros Pekanbaru. Apabila hasil tes sudah diketahui, maka Jamaah yang Positif Virus Corona akan di isolasi mandiri,” ucap Devi saat diwawancarai awak media.

Lebih lanjut dikatakannya, perihal Isolasi mungkin beban biaya akan di tanggung oleh Jamaah nya karna belum ada anggarannya.

“Kita berharap lah. Mudah mudahan seluruh Jamaah tanpa ada terpapar virus COVID-19, semuanya dalam keadaan normal dan mudah mudahan hasil PCR nya Negatif semua,” harap Kabid P2P Inhil.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kasi Surveilans dan Imunisasi, Gusliati, S. Km menambahkan pada tanggal 21 Juni nanti akan keluar hasil tes PCR nya, apabila nanti ada Jamaah akan di isolasi secara mandiri selama Lima hari.

“Jika nantinya ada Jamaah yang positif akan diisolasi dahulu selama lima hari dan akan di berangkatkan dengan kloter selanjutnya apabila hasilnya sudah negatif,” imbuhnya.

Terakhir dikatakan Gusliati Dinkes Inhil juga akan segera mencatat obat obatan Jamaah yang akan dibawa di Tanah Suci Mekkah nanti.

“Untuk menjaga kesehatan jama’ah haji kita akan mempersiapkan obat-obatan yang akan kita bawa nantinya ke tanah suci,” tutupnya.(ADV).