5-hal-yang-meningkatkan-risiko-kanker-paru-paru

 

 

Pola makan yang buruk dan kurang olahraga bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit. Selain itu, polusi udara yang terjadi saat ini sangat berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Berikut adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru. Anda perlu mewaspadainya.

1. Merokok

Merokok berada di daftar teratas dalam list ini. Semua orang pasti menyadari fakta ini. Namun, mungkin hanya sedikit yang mau berhenti melakukannya.

2. Riwayat keluarga

Siapa pun yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker paru-paru, mereka harus lebih waspada. Satu-satunya pilihan di sini adalah untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat, menjalani gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

3. Perokok pasif

Meski Anda tidak merokok, jika Anda menjadi perokok pasif, itu juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru-paru.

4. Paparan asbes

Paparan asbes sering digunakan sebagai isolasi tahan api di banyak bangunan. Menghirup serat asbes dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Juga, orang-orang yang bekerja di industri asbes berisiko lebih besar terkena itu.

5. Paparan mesin diesel

Mereka yang bekerja sebagai sopir angkutan umum, yang sering berada di daerah lalu lintas sarat asap mesin diesel, atau bekerja sebagai pengontrol lalu lintas di jalan-jalan, dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Inilah lima hal yang bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru. Lebih baik mencegah daripada mengobati!