5-tips-menurunkan-berat-badan-di-tahun-2015

 

Berusaha menurunkan berat badan di tahun baru ini? Atau bisa jadi ini adalah resolusi Anda tahun lalu yang masih belum berhasil? Jangan putus asa! Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk sukses menurunkan berat badan di tahun 2015.

Tips ini tak akan membantu Anda menurunkan berat badan secara instan, namun dengan cara yang sehat dan bertahap. Sudah siap? Ini dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih kurus di tahun 2015, seperti dilansir oleh App for Health (31/12/14).

1. Hindari pemanis buatan
Salah satu faktor terbesar yang bisa merusak diet adalah pemanis buatan. Pemanis buatan yang ditambahkan pada berbagai makanan dan minuman tak mengandung nilai nutrisi apapun dan bisa meningkatkan gula darah. Kenaikan gula darah tak hanya berbahaya untuk kesehatan, tetapi juga bisa membuat Anda lebih cepat lapar. Karena itu, jika ingin cepat menurunkan berat badan dengan cara sehat dan tanpa merasa sering lapar, hindari pemanis buatan.

2. Lakukan olahraga intens
Olahraga dengan intens tinggi diklaim sebagai jenis olahraga terbaik untuk membakar kalori dalam waktu yang relatif cepat. Selain itu, olahraga dengan intens tinggi seperti kardio atau angkat beban juga bisa meningkatkan metabolisme yang membakar tambahan kalori yang Anda konsumsi. Sebuah penelitian dalam jurnal Obesity mengungkap bahwa olahraga intens lebih penting untuk membakar lemak di perut dibandingkan dengan olahraga kardio.

3. Tidur cukup
Jangan abaikan waktu istirahat dan tidur, karena ini juga penting untuk menurunkan berat badan. Jangan hanya berolahraga dan mengatur pola makan, Anda pun butuh istirahat yang cukup, dengan tidur sekitar 7 – 8 jam semalam untuk menurunkan berat badan. Peneliti telah mengungkap bahwa kurang tidur akan membuat orang lebih cepat gemuk karena mempengaruhi tingkat gula darah dan hormon mereka.

4. Pikirkan kualitas dan kuantitas
Berdiet untuk menurunkan berat badan tak hanya berarti Anda harus mengonsumsi lebih sedikit makanan, tetapi pikirkan juga kualitas makanan yang Anda konsumsi. Makan makanan yang sehat dan berkualitas seperti buah, sayur, protein, biji-bijian, dan hindari makanan seperti keripik, makanan cepat saji, makanan manis, dan lainnya. Makan sehat tak hanya penting untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk menjaga kesehatan.

5. Cari saran dari ahli
Tak ada salahnya meminta saran dari ahli nutrisi atau ahli diet untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Jangan melakukan diet ekstrem yang tidak sehat dan tanpa panduan yang jelas. Sebelum memilih diet, gali lebih banyak informasi mengenai jenis diet yang akan dilakukan dan apakah diet tersebut aman untuk dilakukan.

Itulah beberapa tips jika Anda ingin melakukan diet di tahun 2015. Sebaiknya lakukan diet dengan bertahap dan cara yang sehat. Hindari diet ekstrem yang menawarkan hasil instan.

 

(medeka.om) http://www.merdeka.com/sehat/5-tips-menurunkan-berat-badan-di-tahun-2015.html