7-manfaat-sauna-untuk-kesehatan

 

Selama ini sudah banyak artikel yang mengungkap manfaat dari berkeringat. Menggunakan sauna juga salah satu cara untuk bisa membuat tubuh berkeringat. Tak hanya itu saja, sauna diketahui bia membuat tubuh kembali remaja, menyembuhkan otot yang tegang,mencegah stres, dan menenangkan pikiran.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan sauna atau mandi uap, seperti dilansir oleh Health Site (03/01).

1. Meredakan stres
Manfaat kesehatan yang paling besar dari mandi uap adalah menurunkan stres. Berdasarkan penelitian, stres adalah hal yang menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh. Salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh stres adalah penyakit jantung. Sauna bisa meredakan stres dengan meredakan otot yang tegang, melancarkan sirkulasi darah pada tubuh, memicu produksi hormon bahagia atau endorfin, dan lainnya.

2. Mengatasi ketegangan otot
Saat sauna, otot tubuh akan terkena panas yang tinggi. Ini akan memicu produksi hormon endorfin dalam tubuh. Endorfin membantu tubuh merasa santai dan meredakan stres. Selain itu, sauna juga diketahui bisa meredakan nyeri dan sakit akibat otot kaku dan arthritis. Suhu tinggi dalam ruang sauna juga membuat pembuluh darah melebar sehingga melancarkan sirkulasi darah. Aliran darah yang lancar akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.

3. Mengeluarkan racun
Mandi uap dan sauna akan membantu tubuh untuk berkeringat. Ini juga bisa membantu mengeluarkan racun melalui permukaan kulit. Beberapa jenis racun yang bisa dikeluarkan dari tubuh adalah zat seng, merkuri, tembaga, dan lainnya.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Berdasarkan penelitian, relaksasi yang didapatkan melalui sauna akan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena sauna memicu produksi endorfin yang dalam keadaan normal akan menurun di malam hari.

5. Meningkatkan fungsi kardiovaskular
Sauna akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat pembuluh darah melebar. Ini membuat sirkulasi darah lebih lancar dan darah bisa mengalir lebih cepat. Dengan begitu, jantung akan berdetak lebih cepat dan membantu otot jantung bekerja lebih efektif. Melakukan sauna atau mandi uap secara teratur bisa meningkatkan fungsi kardiovaskular.

6. Membakar kalori
Mandi uap atau sauna akan membantu Anda membakar kalori. Ketika tubuh berkeringat, ada energi yang dihasilkan dan lemak yang dibakar untuk memproduksinya. Orang yang kelebihan berat badan bisa memanfaatkan sauna ini untuk membantu menurunkan berat badan mereka.

7. Mencegah penyakit
Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkap bahwa melakukan sauna secara teratur bisa mencegah penyakit seperti demam dan influenza. Hal ini karena ketika melakukan mandi uap dan sauna tubuh akan dipicu untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain manfaat di atas juga diketahui bahwa sauna bisa meredakan gejala alergi dan sinus. Jangan ragu lagi untuk melakukan sauna atau mandi uap. Melakukan sauna secara teratur dan dengan cara yang benar bisa membantu Anda menjaga kesehatan.

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/sehat/7-manfaat-sauna-untuk-kesehatan.html