Source : BrainWave
Source : BrainWave

Ganguan kecemasan adalah masalah psikologi yang bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli itu remaja, anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Siapapun bisa menjadi korban dari gangguan kecemasan ini. Karena ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan kecemasan tersebut.

Ras cemas memang sangat wajar dimiliki oleh setiap orang. Namun apa jadinya jika kamu merasa cemas secara berlebihan? Ini merupakan awal dari depresi, loh. Alih-alih menggunakan oabt untuk mengatasinya, berikut kami rangkum 5 tips ampuh.

1. Latihan Pernafasan

Terdengar sepele, namun ini adalah latihan dasar dan hal yang sangat umum yang harus dilakukan dalam mengatsi gangguan kecemasan. Bahkan para pemandu yoga professional juga akan menganjurkan hal yang sama kepada anda.

BACA :  5 Cara Menjadi Wanita Lajang Yang Bahagia

Melatih pernafasan bukanlah hal sepele seperti yang anda bayangkan. Ada banyak faktor dan aspek yang harus dikolaborasikan dan menyatu dengan anda agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Salah satunya adalah fokus, dan untuk menjadi fokus butuh ketenangan dan kecemasan hanya bisa diatasi dengan sikap tenang.

2. BerolahRaga

Tidak ada alternatif lain yang lebih ampuh selain melakukan olahraga. Olah raga akan merilekskan otot yang tegang dan akan mebuat anda lebih nyaman dan santai. Inilah mengapa olah raga seperti yoga dan pilates bagus untuk terapi problema kecemasan yang menyerang seseorang. Kedua jenis olah raga diatas akan mebantu anda untuk tetap tenang dan fokus.

BACA :  Atasi Jerawat Membandel Dengan 7 Cara Mudah Ini

Baca Juga : Tips ampuh mengatasi kesendirian

3. Pola Istirahat

Seseorang yang mengalami masalah kecemasan justru akan mengalami gangguan tidur dan akan berdampak pada tingkat kesehatan yang memburuk. Jika anda mengalami maslaah ini, tidak ada salahnya melakukan terapi sederhana untuk memperbaiki pola istirahat yang tidak beraturan tersebut. Caranya? Anda hanya perlu mematikan lampu untuk meminimalisir cahaya dan menggunakan aroma terapi agar membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mudah untuk beristirahat.

4. Batasi Asupan Kafein

Kita tahu bahwa setiap orang hampir mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedang setiap harinya. memang sangta menyegarkan mengawali hari dengan seteguk kpi atau teh berkafein, bukan? namun, ini akan meperparah gangguan kecemasan yang anda alami. Jadi bijaklah dalam mengkonsumsinya. Alih-alih menggunakan kafein anda lebih dianjurkan untuk menyibukan diri dengan beragam kegiatan positif.

BACA :  Terungkap! Rahasia Sukses Jutawan Yang Harus Diketahui

5. Batasi Medsos

Percaya atau tidak, sebuah penelitian menyatakan orang yang kecanduan menggunakan medsos lebih cenderung meningkatkan resiko terkena depresi, loh. Jadi cobalah untuk tidak terlalu sering dan ketergantungan dengan media sosial apapun. Lebih baik menyibukan diri dengan aktifitas berguna di dunia nyata. Jangan terlalu berfokus kepada beragam hal pemicu stress dan penyebab masalah kecemasan ini, ya!*