Home Kepri Karimun

Aunur Rafiq Resmikan Revitalisasi Pasar Seken Puakang

Bupati Karimun Aunur Rafiq foto bersama dengan para pedagang Pasar Seken Puakang usai meresmikan revitalisasi, Senin (16/5/2022)

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan revitalisasi Pasar Seken Puakang, di Kelurahan Sungailakam Timur Kecamatan Karimun, Senin (16/5), ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Dalam kesempatan itu, Aunur Rafiq menyampaikan rasa syukurnya atas penyelesaian revitalisasi Pasar Seken Puakang. Dari semula sudah direncanakan akan dibangun pada tahun 2020, namun karena pandemi Covid-19, sehingga terjadi penundaan.

“Revitalisasi Pasar Seken Puakang inijuga merupakan permintaan langsung dari pedagang, ketika waktu itu saya sempat meninjau kesini pada November 2020 lalu. Dan alhamdulillah sudah selesai pengerjaannya dan dapat kita resmikan bersama-sama pada hari ini. Saya bersyukur karena revitalisasi ini sudah lama dinanti-nantikan karena permintaan langsung dari para pedagang kepada saya,” kata Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq menyampaikan, revitalisasi Pasar Seken Puakang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan menelan biaya dari APBD Kabupaten Karimun tahun 2021 sebesar Rp1,1 Miliar.

“Ini baru tahap pertama dan akan berlanjut di tahun 2023 untuk tahap kedua. Ada beberapa item yang akan kita bangun, salah satunya untuk mengganti pintu kayu pedagang menjadi rolling door agar lebih nyaman dan aman,” terang Aunur Rafiq.

Menurutnya, pada dasarnya pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat adalah salah satu fokus utama di masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim. Sebagai upaya untuk mendorong perekonomian dan kepedulian terhadap para pedagang, sehingga hal tersebut menjadi alasan kenapa pemerintah daerah sangat konsen, untuk merealisasikan pembangunan atau revitalisasi Pasar Seken Puakang.

“Alhamdulillah pembangunan pasar dimasa pemerintahan saya untuk mendorong ekonomi kerakyatan bisa kita realisasikan. Seperti pasar di Meral, Kundur, Teluk Uma dan Puakang. Tahun ini para pedagang di Coastal Area juga akan kita revitalisasi agar tempat jualannya semakin baik,” ungkapnya.

Dikatakan Aunur Rafiq, dengan rampungnya revitalisasi Pasar Seken Puakang Itu dia berpesan kepada para pedagang, agar dapat menjaga fasilitas yang sudah dibangun.

Turut hadir dalam peresmian revitalitasi Pasar Seken Puakang antara lain Sekda M Firmansyah, Kadis PUPR Cahyo Prayitno, Dirut Perusda Devanan Syam, Camat Karimun Agung Jati Kusuma, sejumlah tokoh masyarakat dan para pedagang.(*)

==========================