Seminar nasional mahasiswa Uniba menghadirkan narasumber Bupati Karimun Aunur Rafiq, di Hotel Aston Karimun, Selasa (21/2)

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq dipecaya sebagai narasumber, dalam sebuah seminar yang digler Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Batam (Uniba), Selasa (21/2) di Ballroom Hotel Aston Karimun.

Dalam seminar itu, membahas tentang peningkatan SDM dalam rangka pengembangan pengelolaan Bumdes. Sehingga Aunur Rafiq menilai, tema mengenai sinergi antara Bumdes dan Bumdes Bersama terhadap para pelaku UMKM, sangat pas dilihat dari kondisi Kabupaten Karimun, guna peningkatan mutu serta SDM dari Bumdes.

Dikatakan Aunur Rafiq, pemaparannya tentang sinergi antara bumdes dan bumdes bersama terhadap pelaku UMKM, sagat perlu dilakukan, sehingga mampu meningkatkan pendapatan mereka dan tidak hanya Bumdes yang jalan sendiri.

“Harapan saya melalui seminar ini, dapat menggali masalah Bumdes, sejalan dengan pengharagaan yang diterima Pemkab Karimun, tentang transforamsi dari pengelolaan simpan pinjam PNPM, kini bisa menjadi bumdes bersama untuk tujuh Kecamatan yang punya tujuh Bumdes,” ungkap Aunur Rafiq.

Dia meminta, agar semua Bumdes di Kabupaten Karimun harus bisa menidentifikasi keunggulan masing-masing desa, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat dan pembangunan desa.

Turut hadir dua orang narasumber lainnya, yakni Prof Vernandes selaku guru besar IPDN, dan Nasrudin dari Analis Kementerian Pedesaan.(*)