Tanah Merah — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil Serda AH Kumbara, melaksanakan kegiatan patroli dan Sosialisasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaan, desa Sungai Laut, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, pada Kamis, (01/6/2023) pagi.

 

Dikatakan Serda AH Kumbara. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat tentang bahaya Karhutla dan upaya pencegahannya.

 

Dalam kegiatan Komsos tersebut, Serda Ah Kumbara menyambangi beberapa warga dan berbincang-bincang dengan mereka tentang bahaya Karhutla.

 

Selain itu, ia juga memberikan beberapa informasi dan cara pencegahan terhadap Karhutla agar masyarakat dapat lebih memahami dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah mereka.

 

Pelaksanaan patroli cegah Karhutla di sekitar desa Sungai Laut. Dalam patroli tersebut, ia mengunjungi beberapa titik rawan terjadinya Karhutla seperti hutan belukar dan lahan kosong dengan titik Koordinat:-0°30’36″S 103°30’24″E*.

 

Selain itu Serda Ah Kumbara juga memberikan himbauan dan mengingatkan warga setempat untuk tidak membakar sampah sembarangan dan memperhatikan lingkungan sekitarnya.

 

Dia mengharapkan kegiatan patroli cegah Karhutla yang dilakukannya dapat meningkatkan kesadaran warga masyarakat tentang bahaya Karhutla.

 

Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktifitas yang berpotensi memicu terjadinya Karhutla, serta tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih dan tidak terbakar.

 

“Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita dari Kegiatan-kegiatan yang bisa menyebabkan terjadinya Karhutla dan mari kita juga peduli terhadap wilayah kita, jika ada terjadi sesuatu hal, segera laporkan ke kami,” pungkasnya.