Kateman — Untuk mencegah agar tidak terjadi kembali bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Satgas darat dari Anggota Koramil 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Inhil. Serda Edi Zalukhu melaksanakan patroli di wilayah yang rawan terbakar bersama dua warga binaan.

 

“Agar terhindar dari asap dan api, hari ini kita patroli rutin,” kata Babinsa Serda Edi Zalukhu kepada awak media di sela-sela Patroli, di wilayah desa Simbar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (01/06/2023) pagi.

 

Menurutnya sudah berbagai macam upaya yang dilakukan, baik itu dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Aparat Pemerintah mulai dari sosialisasi bahkan himbauan yang disampaikan kepada masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan, juga para pemancing yang keseharian mencari ikan sebagai tambahan untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

 

“Saat ini musim panas kepada masyarakat kita himbau jangan bakar hutan dalam membuka lahan serta para pemancing agar tidak membuang puntung rokok sembarangan,” tandasnya.

 

Kemudian ia menuturkan, patroli Karhutla yang dilakukan tersebut bertujuan memantau daerah-daerah yang rawan terjadi pembakaran hutan dan lahan, serta melakukan pendataan lahan yang telah dibersihkan oleh warga.

 

“Di samping itu kami juga mengimbau kepada masyarakat agar bersama mencegah kebakaran hutan dan lahan. Dan jika menemukan oknum yang sengaja membakar, segera laporkan kepada pihak berwajib,” tutupnya.

 

Untuk diketahui dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di wilayah desa Simbar, dalam kegiatan aman dan terkendali dan tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.