Tanah Merah — Guna membangun hubungan tali silaturahmi yang lebih erat sekaligus sebagai upaya memantapkan soliditas (Solid) dengan Aparatur Pemerintahan Desa.

 

 

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah Kodim 0314/Inhil, Serda M Ade Putrawan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Pemerintah desa, bertempat di Kantor desa Sungai Nyiur, Kecamatan Tanah air, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (24/5/2023) pagi.

 

Seperti halnya yang dijalankan Serda M Ade Putrawan selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) jalin Komsos bersama dengan kepala desa Sungai Nyiur dilakukan dalam suasana santai sambil bersenda gurau.

 

“Selain bersilaturahmi dan mengeratkan hubungan Babinsa dengan Pemerintah Desa (Pemdes) sungai Nyiur, Komsos ini juga untuk mengetahui perkembangan di wilayah binaan,” jelasnya.

 

Ia mengatakan dengan Komsos agar terjalin Komunikasi yang baik antara Babinsa dan Kades guna memajukan desa Sungai Nyiur di bidang Kamtibmas.

 

Di tempat terpisah, Danramil 02/Tanah Letda Inf Agusturahim menjelaskan, Komsos Babinsa bersama perangkat desa merupakan bagian dari pelaksanaan tugas Babinsa sebagai ujung tombak satuan di lapangan.

 

Tugas pokok Babinsa adalah harus menguasai lima kemampuan teritorial yang salah satunya menguasai wilayah. Dengan menguasai wilayah, maka akan terbentuk kemampuan deteksi dini dan cegah dini.

 

“Kemampuan deteksi dini dan cegah dini akan optimal dengan membangun komunikasi sosial terhadap rekan kerja di wilayah binaan, maka kegiatan silahturahmi yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima dengan positif,” jelas Danramil.

 

Ia juga mengingatkan, para Babinsa dan jajarannya untuk selalu menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di desa binaannya.

 

“Sehingga akan dapat mengetahui permasalahan kondisi sosial dan dengan cepat melakukan cegah dini serta mencari pemecahan masalah tersebut secara bersama-sama,” tutupnya.