bahaya-minuman-energi-mulai-dari-sakit-jantung-sampai-darah-tinggi

 

 

+

+

+

Selepas berolahraga, sebagian besar pria biasanya akan menyeruput sebotol minuman energi. Minuman itu dipercaya dapat menambah stamina dan meningkatkan energi. Namun, tahukah Anda apa bahaya di balik minuman energi?

Konsumsi minuman energi yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur. Hal itu karena minuman energi biasanya mengandung kadar gula yang tinggi dan setidaknya memiliki kandungan kafein setara dengan secangkir kopi.

Sebagaimana dilansir livescience.com, para peneliti menemukan bahwa minuman energi juga memiliki efek samping yang serius seperti kejang, irama jantung yang tidak teratur atau tekanan darah yang sangat tinggi.

“Kafein dan senyawa lain dalam minuman energi dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah,” kata Dr John Higgins, profesor di University of Texas Medical School di Houston.

Dr John juga menambahkan bahwa kafein dapat mendorong sel-sel hati melepaskan kalsium yang dapat mempengaruhi detak jantung, yang menyebabkan aritmia – gangguan irama jantung.

Minuman energi, menurut dia, juga dapat mengganggu keseimbangan garam dalam tubuh, yang juga sering dikaitkan dengan aritmia.

+

 
Sumber : Merdeka.com