Banjir Rob Disejumlah Pelabuhan Tanjungbatu, Akibat Air Laut Pasang

1. Air Laut Pasang Menggenangi Pelabuhan Utama Tanjungbatu

Banjir rob hampir menggenangi seluruh permukaan jalan di pelabuhan Tanjungbatu. Mulai dari Ponton pelabuhan hingga ke wisma Lippo Tanjungbatu, (03/01)

2. Banjir Rob Menggenangi Jalan di pelabuhan Hingga diatas Matakaki

Aktivitas di pelabuhan sedikit lengang. Ketinggian air hingga 120 cm diukur dari rata-rata ketinggian permukaan air laut, bukan diukur dari garis pantai, sehingga dampak yang ditimbulkan dibeberapa tempat berupa genangan sekitar 20 cm.

Parkir dan Loket Pelabuhan Tanjungbatu Hampir Seluruhnya Terendam

Banjir-Rob-Di-Seluruh-Pelabuhan-Tanjungbatu,-Akibat-Air-Laut-Pasang-(5)

Menurut warga, air laut pasang itu hanya terjadi sekitar 4 jam. Mulai pukul 10.00 WIB, hingga 14.00 WIB. Warga memilih untuk menunda aktivitas hingga air laut surut, namun bagi mereka yang ingin segera meneruskan keberangkatan, banjir tersebut tetap mereka tempuh.

 

3. Penyebab Terjadinya Banjir Rob dari Ilmugeografi

Hal mendukung terjadinya banjir rob, yang dikutip dari ilmugeografi adalah pemanasan global di bumi, yang merupakan suatu peristiwa alam yang menyebabkan meningkatnya suhu rata- rata dunia. Akibat peningkatan suhu udara tersebut berakibat kepada es yang berada di kedua kutub bumi menjadi mencair dalam jumlah yang tidak sedikit.

Menacirnya es yang berada dikedua kutub bumi ini baik sedikit ataupun banyak akan mempengaruhi naiknya jumlah atau volume air laut. Akibatnya air laut akan bertambah banyak dan permukaan air laut ini akan menaik. Fenomena ini disebut dengan fenomena sea level rise.

Naiknya permukaan air laut ini tentu akan menimbulkan kekhawatiran masyarakat dan menambah resiko terjadinya fenomena banjir rob di suatu wilayah, terutama di wilayah pesisir pantai.

4. Pelabuhan Bongkar Muat Indora Tak Luput Banjir Rob

Tampak banjir air pasang naik hingga menutup keseluruh pelabuhan bongkar muat serta pelabuhan Alai, Ungar. Warga lebih banyak memilih untuk menunda kegiatan, hingga air rob surut.

5. Penyebab Terjadinya Banjir Rob dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Jakarta, Yunus S. Swarinoto, dikutip dari laman detik com menjelaskan, kenaikan tinggi muka air laut atau banjir rob yang terjadi pada tanggal dan bulan tertentu, diakibatkan oleh pengaruh astronomi terjadinya bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus (spring tide) yang mengakibatkan naiknya tinggi muka laut. Kondisi ini merupakan siklus rutin bulanan dan tahunan yang normal terjadi. Namun karena bersamaan dengan terjadinya anomali positif tinggi muka air laut di wilayah Indonesia, hingga sebesar 15 – 20 cm.

6. Tidak Hanya Kantor Syahbandar Pelabuhan Tanjungbatu, Kantor Unit Ditpolair Juga Terendam Rob

7. Tanpak Banjir Rob menggenai Kantor Pelayanan Pajak, di Tanjungbatu

BACA: Warga Temukan Bayi Laki-laki yang Masih Menempel Ari-ari