smoker_640x360_afp_nocredit

+

+
Perokok dihimbau untuk tidak mengabaikan gejala sederhana, seperti batuk-batuk, karena bisa jadi pertanda penyakit serius.Begitu, yang ditulis BBC.

Badan Kesehatan Inggris mengatakan, terlalu banyak perokok tidak menyadari risiko penyakit paru obstruktif kronik (COPD).

Penyakit tersebut, yang menyempitkan saluran pernafasan, dapat membuat penderita perlu bersusah payah untuk melakukan aktivitas ringan; misalnya naik tangga.

COPD sebenarnya istilah umum untuk sejumlah penyakit paru-paru serius termasuk bronkitis kronis dan emfisema.
Belum ada penyembuh

Orang dengan penyakit ini akan kesulitan bernapas, yang terutama disebabkan penyempitan saluran napas dan kerusakan jaringan paru.

Gejala umum termasuk kehabisan napas saat beraktivitas, batuk terus-menerus, dan nyeri dada yang sering.

Pakar kesehatan mengatakan, perokok sering mengabaikan gejala awal berupa batuk; namun dengan melanjutkan kebiasaan merokok, kondisi tersebut memburuk dan merusak kualitas hidup.

Sampai saat ini belum ada penyembuh untuk COPD, namun berhenti merokok, olahraga khusus, dan pengobatan dapat memperlambat perkembangan penyakit itu.

Profesor Dame Sally Davies, kepala petugas medis Inggris, menambahkan, “COPD adalah penyakit paru-paru serius dan tidak dikenali dengan baik.

“Satu hal terbaik yang bisa dilakukan perokok untuk mengurangi risiko penyakit ini dan memperpanjang umur mereka ialah berhenti merokok.”