bawang-putih-dan-brokoli-bantu-sistem-imun-lawan-kanker

 

Sebuah penelitian mengungkap bahwa bawang putih dan brokoli memiliki kemampuan untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan sel kanker. Apa yang membuat dua makanan ini menjadi demikian istimewa? Ternyata ini disebabkan oleh zat selenium yang ada di dalamnya. Penelitian menunjukkan bahwa selenium yang terdapat dalam bawang putih dan brokoli, serta beberapa jenis kacang, bisa membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara wajar dan tidak berlebihan.

Selama ini reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan dinilai sebagai salah satu faktor pemicu kanker. Karena itu, selenium ditengarai bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk mencegah dan mengatasi kanker. Menurut peneliti dari University of Copenhagen, hasil penelitian ini bisa membantu peneliti dalam mengembangkan perawatan untuk kanker.

Sistem kekebalan tubuh selama ini didesain untuk menghilangkan hal yang tak normal dalam tubuh. Hal ini bisa jadi perubahan pada sel dan pertumbuhan sel kanker. Namun kadang sel kanker memiliki mekanisme yang membuat kekebalan tubuh tak mengenalinya sehingga mereka lebih mudah berkembang.

Hal ini biasanya terjadi pada kanker kulit melanoma, kanker prostat, atau kanker darah. Jenis kanker tersebut membuat kekuatan tubuh melemah dengan membuat kinerja sistem imun menjadi berlebihan, seperti dilansir oleh Daily Health Post (27/11).

“Kami menemukan bahwa zat selenium tertentu yang ditemukan di bawang putih dan brokoli bisa menahan kanker yang serius seperti melanoma, kanker prostat, dan beberapa jenis kanker darah atau leukemia,” ungkap Professor Soren Skov.

Saat ini peneliti masih terus mempelajari perihal mekanisme penyakit dan kanker agresif seperti kanker pada organ reproduksi, darah, dan kulit. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry ini dianggap sebagai langkah baru yang membuka jalan bagi perawatan serta pencegahan lebih baik terhadap kanker di masa depan.(merdeka.com)http://www.merdeka.com/sehat/bawang-putih-dan-brokoli-bantu-sistem-imun-lawan-kanker.html