Kundur News – Tanjungbatu. PERAYAAN malam takbiran menyambut datangnya hari Raya Idul Adha 1437 H, di Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun bakal diramaikan dengan festival bedug dan Takbiran, yang disertai penampilan seni Islami. Acara digelar di Balai Pemuda Seni dan Budaya Tanjungbatu.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Kundur H. Masnur menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap malam takbiran dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha ini digelar untuk meningkatkan kreativitas seni budaya Islami di Kecamatan Kundur, yang terangkum dalam eskplorasi bedug dan nada dalam takbir.

“Bedug ini merupakan kesenian khas Islami yang juga berkembang pesat di daerah kita serta dipadukan dengan budaya yang mengan­dung kearifan lokal. Karena itu festival ini juga untuk melindungi dan melestarikan kesenian itu agar tidak lekang dimakan waktu dan layu dimakan zaman,” papar H. Masnur, Sabtu (3/9).

Kegiatan itu juga sedang dipersiapkan semaksimal mungkin agar nanti terlaksana dengan sukses. Kegiatan itu didukung penuh oleh Pememerintah Kecamatan Kundur serta kegiantan besar ini juga bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Kundur serta beberapa ormas Islam lainnya.

“Pelaksanaan rencananya akan berlangsung pada 11 September 2016 mulai pukul 20.00 WIB bertepatan dengan malam takbiran dan lokasinya di sekitar Balai Pemuda Seni dan Budaya Tanjungbatu. Sejauh ini persiapan panitia sudah mulai menyebarkan informasi kepada kelurahan desa dan Sekolah tingkat SLTA yang ada di kecamatan Kundur. Peserta merupakan 1 regu/tim tiap masih kelurahan desa dan SLTA se Kecamatan Kundur,” ungkapnya.

Festival bedug merupakan agenda tahunan yang selalu digelar di Kundur setiap malam takbiran hari raya idul Adha.*

bedug