Enok — Bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) babinsa Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil, sertu HM Sibarani melaksanakan kegiatan patroli dalam rangka meningkatkan antisipasi terhadap kebakaran baik perkebunan maupun hutan.

 

Kegiatan patroli dan Sosialisasi Karhutla yang melibatkan masyarakat setempat tersebut dilaksanakan Sertu HM Sibarani, dengan titik Koordinat: -0°30’56″S, 103°5’38”,E

154° bertempat di desa Pengalihan, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (10/4/2023) pagi.

 

Sertu HM Sibarani mengatakan siapapun orangnya yang sengaja melakukan karhutla, tidak tebang pilih ajan duduk di kursi pesakitan dan diganjar hukuman penjara serta denda sejumlah uang.

 

“Untuk itu, kepada elemen masyarakat untuk bersama-sama mencegah secara dini, terjadinya karhutla di lingkungannya masing – masing, karena mencegah itu lebih baik daripada mengatasi kebakaran yang meluas,” jelas Sertu HM Sibarani.

 

Saat patroli cegah karhutla Sertu HM Sibarani setiap bertemu dengan warga petani, tetap mengingatkan untuk selalu waspada adanya kebakaran hutan dan lahan, tentunya di musim panas kemarau jangan membakar sampah disembarang tempat, karena bisa menimbulkan kebakaran lingkungan yang meluas.

 

“Kepada masyarakat jangan membuka lahan untuk kebun dengan cara dibakar selain berdampak buruk terhadap lingkungan, juga pelaku pembakaran hutan dan lahan disanksi berat yakni hukuman penjara,” tegas Sertu HM Sibarani.

 

Sementara itu MPA desa Pengalihan sangat senang dan berterima kasih kepada Babinsa, yang selalu berpatroli bersama warga untuk cegah kebakaran hutan dan lahan.

 

“Terima kasih kepada bapak Babinsa yang selalu aktif bersama warga patroli cegah kebakaran, juga kami sangat senang bapak Babinsa aktif memonitor kamtibmas di Sepakat Bersatu ini,” pungkasnya.