Bersama Warga Binaan Koptu RH Tambunan Babinsa Koramil 02/TM Giat Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

Tanah Merah — Untuk memastikan wilayah binaan agar tidak terjadi kebakaran yang sering dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Koptu RH Tambunan Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, kodim 0314/Inhil bersama warga binaan melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla.

 

Saat dikonfirmasi awak media Koptu RH Tambunan Babinsa Koramil 02/TM jajaran Kodim 0314/Inhil bersama masyarakat peduli api (MPA) melaksanakan kegiatan patroli ke wilayah sering terjadi kebakaran lahan-lahan pertanian masyarakat,

Dengan titik koordinat 0°31’31,422″S 103°30’26″562″E 52°NW bertempat desa Sungai Laut, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir. Selasa (7/3/2023) pagi.

 

“Iya hari ini saya bersama tiga orang masyarakat melakukan patroli antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan masyarakat yang ada di desa binaan Desa Sungai Laut,” ujar Koptu RH Tambunan.

 

Selain patroli Koptu RH Tambunan juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan dengan cara dibakar.

 

“Iya kita berikan sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka paham kalau membuka lahan dengan cara dibakar sangat tidak diperbolehkan oleh pemerintah, karena bisa menimbulkan pencemaran lingkungan udara,” jelasnya.

 

Selain pencemaran lingkungan udara, dikatakan Koptu RH Tambunan dapat pula menimbulkan dampak yang negatif ke lahan-lahan masyarakat lainnya.

 

“Iya kalau sampai merembet ke lahan-lahan pertanian masyarakat lainnya, bisa sangat berdampak masyarakat lainnya tidak bisa menikmati hasil pertanian lagi, habis ikut terbakar juga,” ujar Babinsa.

 

Kendati demikian dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di daerah binaan tidak menemukan titik api dan asap hasilnya nihil.

 

“Semoga dari hasil yang sering kita giatkan pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karhutla di daerah sering terjadi kebakaran lahan masyarakat, tidak ada lagi kebakaran yang terjadi di sini,” tutup Koptu RH Tambunan babinsa desa Sungai Laut.

Previous articleAnjangsana Berbaur dengan Elemen Masyarakat, Babinsa Serda Edili Zalukhu Laksanakan Komsos 
Next articleSerda Agusmi Babinsa Koramil 02/TM Jalin Komsos dengan Staf Desa Tekulai Hilir