Buka Jambore kader PKK se-kabupaten Inhil, Bupati HM Wardan Harapkan PKK Mampu Mendorong Peningkatan Kesejahteraan Keluarga  

Tembilahan — Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, (PKK) kabupaten Indragiri Hilir mengelar Jambore yang dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati jalan Akasia, Tembilahan, Jambore itu diikuti 20 perwakilan se-kecamatan di kabupaten Indragiri Hilir.

Bupati Inhil Drs HM Wardan, MP pada sambutannya dalam membuka kegiatan jambore kader PKK menyampaikan bahwa PKK menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan kebijakan dan program yang dibuat pemerintah.

 

“Saya selaku Ketua Pembina tim pengarah PKK sangat mendukung dan mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Jambore kader PKK Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2023,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan, Kamis (13/7/2023).

 

Dengan kegiatan jambore kader PKK ini bisa menjadi momentum untuk menerapkan jalinan silaturahim serta memperkokoh persatuan antar kader PKK sehingga lebih mudah dalam mencapai tujuan bersama.

 

Disamping itu, bupati berharap dengan adanya kegiatan tahunan yang diisi dengan berbagai macam perlombaan ini. Wawasan kemampuan dan keterampilan menjadi semakin meningkat sehingga dapat terus memberikan peran dan fungsi terutama dalam mendukung program pemerintah dan mewujudkan kesejahteraan keluarga lahir dan batin.

“Keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang seharusnya dapat kita wujudkan agar selalu sejahtera damai sehat mandiri dan tentunya beriman dan bertakwa kepada Allah Tuhan yang maha esa,” ungkap Bupati di hadapan kader PKK 20 kecamatan.

 

Bupati juga menyampaikan sebagai mitra pemerintah PKK memang mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam memberdayakan keluarga terutama perempuan sebagai motor penggeraknya. Selain itu peran serta PKK juga sangat dibutuhkan dalam lingkungan keluarga, maupun masyarakat yang dapat menunjang pembangunan di berbagai aspek.

 

“Oleh sebab itu, saya berharap para kader PKK dapat terus berperan aktif dalam membantu masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraannya. Apalagi disaat seperti ini gimana sebagian besar masyarakat sedang mengalami permasalahan ekonomi yang disebabkan oleh merosotnya harga komoditas perkebunan, jadi peran serta dari kader PKK sangat diharapkan terutama dalam upaya mencarikan cara alternatif agar masyarakat umum meningkatkan pendapatannya,” jelas Bupati Inhil dua periode tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hilir dan kepada semua pihak yang telah turut berperan dalam pelaksanaan kegiatan ini, semoga kegiatan positif ini dapat berjalan dengan baik lancar dan sukses serta membuahkan hasil dan manfaat seperti yang kita harapkan bersama terutama dalam meningkatkan kualitas kader PkK yang selanjutnya akan mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Indragiri Hilir,” sambung bupati.

 

 

Sementara itu, Ketua PKK kabupaten Indragiri Hilir Hj Zulaikhah Wardan dalam arahannya mengatakan suatu kegiatan akan terlaksana dengan baik apabila ditunjang oleh suatu perencanaan yang matang dan bersumber dari berbagai pihak yang menjalin kerjasama dengan tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

 

“Kegiatan jambore PKK ini dilaksanakan dengan harapan tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas, kejujuran serta tanggungjawab penuh sehingga kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya menjadi ajang persaingan namun menjadi tolak ukur kemampuan para kader dalam hal menciptakan inovasi dan kreativitas sehingga kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” pungkas Ketua PKK kabupaten Indragiri Hilir.

 

Ketua panitia dalam laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan jambore PKK ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta menumbuhkan kreatifitas pada kader dalam melaksanakan peran dan fungsi PKK.

 

“Kesatuan dan persatuan dengan prinsip kemitraan, menumbuhkan semangat gotong royong semua tingkatan kader dalam gerakan pemberdayaan masyarakat, menuju keluarga sejahtera,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tema yang diusung pada jambore PKK tahun 2023 ini adalah melalui kegiatan Jambore kader PKK kita tingkatkan kualitas kader dan kita memantapkan kerjasama dalam rangka percepatan penurunan stunting menuju Inhil bermarwah dan bermartabat”.

 

Untuk diketahui, adapun kegiatan dan lomba dalam jambore PKK Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2023 adalah kegiatan paride atau defile di halaman Kantor Bupati Indragiri Hilir dan lomba penyuluhan dasa wisma bertempat di gedung untuk Kelana Tembilahan tanggal 14 Juli. penyampaian atau presentasi program prioritas dan unggulan. pasar murah, lomba UP2K, lomba presentase cegah perkawinan anak, lomba presentase cegah stunting .

 

Sumber Prokopim Setda Inhil

Previous articleBupati Inhil HM Wardan Melantik dan Ambil Sumpah Janji Pejabat Administrator dan Pengawasan di Lingkungan Kecamatan Kateman 
Next articleKomisi IV DPRD Inhil Pertanyakan Ijazah Kelulusan Siswa-siswi SD dan SMP Belum Diterbitkan