Home Featured Bupati Karimun Mewisuda Sebanyak 770 Santriwan-santriwati di Gedung Forza Tanjungbatu

Bupati Karimun Mewisuda Sebanyak 770 Santriwan-santriwati di Gedung Forza Tanjungbatu

0
Bupati Karimun Mewisuda Sebanyak 770 Santriwan-santriwati di Gedung Forza Tanjungbatu
Sebanyak 770 santriwan-santriwati Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) diwisuda Bupati Karimun, H Aunur Rafiq di gedung olahraga Forza Tanjungbatu, Sabtu (14/7/18).

Tanjungbatu –  Sebanyak 770 santriwan-santriwati Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) diwisuda Bupati Karimun, H Aunur Rafiq di gedung olahraga Forza Tanjungbatu, Sabtu (14/7/18).

Ratusan santri yang lulus munaqosah tahun 2017-2018 itu berasal dari 125 TPQ di lima kecamatan se-Pulau Kundur; Kecamatan Belat, Kecamatan Ungar, Kecamatan Kuba, Kuta dan Kecamatan Kundur.

Kecamatan Kundur 188 santri, Kundur Utara 213, Kundur Barat 137, Ungar 129 dan Belat 102.

Acara itu juga digelar penyerahan penghargaan terhadap sepuluh santriwan-santriwati terbaik dari sejumlah TPQ di Kecamatan Kundur.

Data yang berhasil dihimpun, nama santriwan-santriwati terbaik dari Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Kundur ;

  1. Ita We’reng dari TPQ Al Mu’Minun

    Bupati Karimun, H Aunur Rafiq, menyerahkan penghargaan kepada 10 santriwan-santriwati terbaik dari sejumlah TPQ di Kecamatan Kundur, di gedung Forza Tanjungbatu (14/07/18)
    Bupati Karimun, H Aunur Rafiq, menyerahkan penghargaan kepada 10 santriwan-santriwati terbaik dari sejumlah TPQ di Kecamatan Kundur, di gedung Forza Tanjungbatu (14/07/18)
  2. Danial Rif’aii Syah dari TPQ Al Mu’Minun
  3. M Khiril Nazwi dari TPQ Miftahul Ulun
  4. Zahkia Shaqi dari TPQ Nurul Iman Sei Ungar
  5. Azzgra Nabila J TPQ Al Mu’Minun
  6. Anysa Nurul Rizkyanti TPQ Al Mu’Minun
  7. Febri Nurwahyuni TPQ Al Mu’Minun
  8. Anggun Ameliya dari TPQ Al-Hidayah
  9. Risa Risdian dari TPQ Miftahussa’adah
  10. Aqshal Fatih A dari TPQ Mu’Minun

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan, wisuda ini merupakan sarana motivasi kepada santri TPQ guna meningkatkan upaya pemahaman serta menciptakan motivasi bagi santri dalam membaca Al-Qur’an.

BACA: 982 Santri di Karimun Diwisuda Gubernur, Nurdin Hadirkan 10 Qori dan Qoriah Terbaik Kepri

“Wisuda ini, memberikan Al-Qur’an sebagai sumber kesadaran bagi peningkatan komitmen santri untuk membaca, memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an. Hari ini santri yang belajar, besok mereka yang mengajarkan Al-Quran kepada orang lain,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan, sampai saat ini santri dan santriwati TPQ se-Kabupaten Karimun berjumlah 21.008. Sejak berdirinya TPQ dari tahun 2002 atau sekitar enam belas tahun, sudah sebanyak 25.000 santri yang di wisuda.

Dikatakannya juga, untuk jumlah TPQ se-Kabupaten Karimun saat ini berjumlah 331 dengan tenaga pendidik berjumlah 1.611 dan 125 DTA jumlah guru 416 serta 11 pondok pesantren.

Dari 1.611 sudah 1.569 yang menerima insentif dari Pemkab Karimun, sedangkan untuk guru DTA sudah semuanya mendapat insentif.

“Tahun 2019 semua guru TPQ mendapatkan insentif. Dari 1.611 sudah 500 guru TPQ lulus sertifikasi. Guru yang lulus sertifikasi insentif harus berbeda dengan yang belum lulus. Berapa besarannya sama-sama akan dibahas. Kemudian di tahun depan juga diadakan Pekan Olahraga Santri, HUT BMPG TPQ Kabupaten Karimun disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada TPQ dan guru TPQ yang berprestasi,” pesan Bupati kepada Ketua BMPQ TPQ Kabupaten Karimun.*