Home Featured Bupati Resmikan Kapal Roro Berlayar Tiap Hari Dari Karimun ke Kundur

Bupati Resmikan Kapal Roro Berlayar Tiap Hari Dari Karimun ke Kundur

0
Bupati Resmikan Kapal Roro Berlayar Tiap Hari Dari Karimun ke Kundur
Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan pelayaran perdana kapal roro KMP Kakap rute Pulau Karimun ke Kundur, Jumat (5/4)

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan pelayaran perdana kapal roro KMP Kakap, dari Pelabuhan Parit Rampak – Meral menuju Pulau Kundur yang sandar di pelabuhan Selat Beliah – Kundur Barat, Jumat (5/4).

Dalam kesempatan itu, Rafiq mengatakan, jadwal pelayaran kapal roro KMP Kakap saat ini akan berlaku setiap hari.

“Sebelumnya kan hanya dua kali dalam seminggu, Kamis dan Minggu, kini setiap hari. Berangkat dari Parit Rampak ke Kundur pagi hari, lalu dari Kundur ke Parit Rampak sore hari. Kita sudah bisa bawa kendaraan pribadi untuk menyeberang pulau,” kata Rafiq.

Rafiq beralasan, penambahan jadawal pelayaran kapal roro dari Karimun ke Kundur karena makin ramainya peminat masyarakat yang akan mambawa kendaraan pribadi.

“Sudah kita kaji dan hasilnya pihak ASDP pun menyetujui untuk ditambah jadwal keberangkatan, yang dulunya cuma dua kali seminggu, kini jadi setiap hari. Dengan harapan agar masyarakat semakin mendapatkan kemudahan,” jelasnya.

Efek domino yang diinginkan Rafiq adalah agar terjadi peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di kampung halamannnya Pulau Kundur. Terlebih sebagai sentral pertanian Kabupaten Karimun, Pulau Kundur memiliki banyak hasil panen dari perkebunan yang dibawa ke Pulau Karimun, dengan menggunakan kapal reguler, yang biaya muatnya cukup mahal dan membuat harga jual pun cukup tinggi.

“Kalau sudah ada kapal roro ini, tinggal masukkan kedalam kendaran, yang bayar kan cuma kendaraannya, barang bawaan tak bayar. Ini akan menekan harga juga, termasuk memudahkan kita mendistribusikan sembako dari Karimun ke Kundur,” ucap Rafiq.

Tarif penumpang untuk per orang hanya dikenakan Rp11.000, sepedamotor Rp35.000, mobil pribadi Rp245.000, truk sesuai golongan mulai dari Rp500.000 keatas. Pelayaran selama perjalanan laut hanya memakan waktu kurang dari satu jam.(*)