Teluk Belengkong — Dalam rangka antisipasi dan pencegahan dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Babinsa Koramil 06/Kateman, kodim 0314/Inhil Praka Raja Oloan Sihotang, bersama warga melakukan patroli karhutla di wilayah binaannya di desa Tunggal Rahayu Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir, Minggu (29/01/2023).

 

Praka Raja Oloan Sihotang selain melakukan patroli juga menyampaikan sosialisasi rutin tentang pencegahan karhutla, sesuai dengan perintah Komando atas.Tak kalah pentingnya giat patroli ini untuk memantau langsung titik rawan di wilayah binaan Babinsa.

 

“Kita menyisir wilayah perkebunan warga untuk melihat langsung kondisi di lapangan, sebagai antisipasi dalam tindakan pencegahan dari ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata dia.

 

Dalam giat patroli juga dilakukan penyuluhan, Sebut Babinsa, dengan menyampaikan himbauan kepada masyarakat guna melakukan pencegahan dini agar tidak membuka lahan untuk kebun dengan cara dibakar.

 

“Rutin kita ingatkan kepada warga supaya dalam mengolah dan membuka lahan pertanian jangan menggunakan api atau membakar, karena dapat memicu terjadinya kebakaran meluas dan berakibat fatal, Pelaku karhutla disanksi kurungan penjara dan denda sejumlah uang sesuai perturan yang berlaku,” pungkasnya