Tanjungbatu – Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Pulau Kundur, Polsek Kundur Polres Karimun gelar apel Gabungan, yaitu apel Kesiapan dan Siagaan yang digelar di Mapolsek Kundur, Kamis (4/5/2023).

Apel diikuti Kapolsek Kundur AKP Buala Harefa, Camat Se-pulau Kundur, terdiri; camat Kundur, Ungar, Belat, Kuba, camat Kuta, Danramil 03/Kdr Lettu CZI Budiarto beserta anggota, KSOP Pelabuhan Tanjung Tarigan O.K, Kepala Desa sepulau Kundur, Lurah Sepulau Kundur, serta instansi lain, Pramuka perwakilan se-pulau Kundur.

Bertindak sebagai Irup, Camat Kundur Syaifullah dan Perwira Upacara Iptu Indra Zakaria.

Camat Kundur menyampaikan Teks Deklarasi yang bunyinya:

“Kami dan seluruh elemen masyarakat/serta pelaku usaha bidang Perkebunan dan Kehutanan se-kecamatan Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau/menyatakan dan siap mendukung Keri bebas dari kebakaran hutan dan lahan/tahun 2023” Ucap Syaifullah.

Selanjutnya Kapolsek Kundur AKP Buala Harefa, SH.MH., saat diminta keterangan mengatakan, bagi masyarakat yang membakar lahan sehingga merugikan lahan orang lain akan termakan Hukum sesuai l, (a). Undang-undang No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. (b). Berdasarkan Surat Maklumat Kepolisian Daerah Kepulauan Riau No : MAK /01/IV/2023 tentang larangan membakar lahan Perkebunan dan Hutan, tegasnya.

Harapan Kapolsek Kundur AKP BUALA HAREFA, SH.MH., diharapkan pada masyarakat apabila ada ditemukan oknum masyarakat yang membakar lahan kebun atau hutan segera laporkan ke Kapolsek baik di Polsek Kundur maupun di Polsek Kundur Utara sesuai lokasi dan Wadah Hukum Polsek Kundur dan Kuba, tutupnya.

“Saya sangat Apresiasi terhadap para Unsur Pimpinan Sepulau Kundur bisa hadir sebanyak lima kecamatan dan hadir juga Kepala Desa se-pulau Kundur serta Instansi lainnya, termasuk Pramuka,” pungkas Kapolsek.

Komandan Koramil 03/Kdr Lettu CZI Budiarto Sianturi saat dipinta komentarnya oleh awak media Kabar Daerah com., mengatakan, kami sangat Mengapresiasi atas Apel bersama dalam rangka pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang diadakan di Polsek Kundur, tuturnya.

“Kami selaku Aparat Teritorial Koramil 03/Kdr, Kodim 0317/Tbk akan bekerjasama dengan Instansi lain guna mengantisipasi khususnya tentang Karhutla di wilayah se-pulau kundur dan saya akan memerintahkan seluruh Anggota saya agar selalu memonitor daerah binaan Babinsa masing-masing,” ucap Danramil 03/Kdr Lettu CZI Budiarto Sianturi.

Dilanjutkannya, kita harapkan kepada Kades agar bekerja keras memberi instruksi kepada ketua RT/RW nya masing-masing untuk antisipasi tentang Karhutla, apel bersama ini sangat luar biasa kita lakukan bersam Kepolisian Tanjung Batu Kundur beserta Unsur Pimpinan se-kepulauan Kundur, tutup Danramil 03/Kdr Lettu CZI Budiarto Sianturi.(*)