Teluk Belengkong — Babinsa Koramil 06/Kateman, Kodim 0314/Inhil, rutin melakukan kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah mereka. Kegiatan patroli dan komsos ini menjadi prioritas bagi Babinsa Koramil 06/Kateman untuk memastikan keamanan lingkungan dan mencegah terjadinya karhutla. Senin (15/5/2023) pagi.

 

Kali ini, patroli dilaksanakan di lahan bergambut kering di desa Tunggal Rahayu Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragilir Hilir. Praka Raja Oloan Sihotang bersama masyarakat melaksanakan patroli di desa untuk memastikan tidak terjadi karhutla di daerah tersebut.

 

Praka Raja Oloan Sihotang mengatakan bahwa dalam setiap pelaksanaan patroli Karhutla, Babinsa selalu memberikan himbauan kepada masyarakat yang mereka temui saat patroli. Masyarakat diminta untuk ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Tunggal Rahayu Jaya, khususnya di titik-titik tertentu yang rawan dengan kebakaran.

 

Lebih lanjut dikatakan Praka Raja Oloan Sihotang juga menambahkan bahwa himbauan dan sosialisasi ini dimaksudkan agar masyarakat paham bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, apalagi membuka lahan dengan cara dibakar.

 

Hal tersebut sangat merugikan dan juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan, hal itu juga merupakan bentuk pelanggaran hukum dan dapat dipidanakan.

 

Babinsa Koramil 06/Kateman juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan cara menghindari tindakan yang dapat menyebabkan karhutla.

 

Selain itu, Babinsa Koramil 06/KTM juga memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai cara-cara penanganan kebakaran hutan dan lahan.

 

“Dalam rangka menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya karhutla, Babinsa Koramil 06/Kateman, Kodim 0314/Inhil akan terus melakukan kegiatan patroli dan komsos,” pungkas Praka Raja Oloan Sihotang.