Cuaca Panas Rawan Karhutla, Babinsa Koramil 06/KTM Gencarkan Patroli dan Sosialisasi 

Kateman — Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 06/Kateman (KTM) Kodim 0314/Inhil Koptu Al Alim bersama warga melakukan pengecekan titik Hotspot. kegiatan tersebut berlangsung di desa Teritip, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (17/05/2023).

 

Saat dikonfirmasi, Koptu Al Alim menjelaskan. Patroli dan pengecekan titik-titik hotspot ini sebagai upaya pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Desa binaan,” kata Koptu Al Alim.

 

Patroli digalakkan, agar wilayah rentan kebakaran seperti hamparan semak belukar, hutan bahkan lahan gambut yang ada di wilayah itu tetap terjaga keasriannya dan tak terpapar kebakaran.

 

“Bila hal itu sampai terjadi, kebakaran bisa meluas dan menyebabkan bencana seperti kerusakan lingkungan hidup dan ekosistem flora serta fauna, udara akan tercemar polusi asap berujung ancaman kesehatan bagi masyarakat,” jelas Koptu Al Alim.

 

Untuk mencegah hal itu, Babinsa dikerahkan untuk berpatroli. Setiap wilayah nan rentan api disasar, pihaknya sasar lokasi yang dianggap paling sering terjadi kebakaran lahan warga maupun hutan-hutan yang ada di wilayah binaannya.

 

“Hari ini laksanakan patroli Karhutla di Desa Teritip. Dalam patrolinya, Babinsa tidak temukan adanya titik api. Situasi kondusif,” kata Koptu Al Alim.

 

Meskipun demikian, kata dia, pihaknya tak mau berlengah diri. Sikap siaga dan mawas diri diperlukan sebagai bentuk pencegahan dini terhadap potensi Karhutla.

 

“Walaupun aman, kami tetap gencarkan patroli. Seraya itu, imbauan kepada warga juga disuluhkan agar tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar tumbuhan di atasnya. Dampak Karhutla sangat merugikan dan merusak lingkungan, makanya kita cegah sejak dini,” pungkasnya.

Previous articleSertu HM Sibarani Giat Komsos dengan Warga di Salah Satu Warkop di Desa Pengalihan 
Next articleBabinas Koramil 06/KTM Praka Riski Amanda BB Giat Komsos dan Anjangsana ke Rumah Warga