Inhil – Dalam rangka meriahkan dan menyemarakkan Milad Kabupaten Indragiri Hilir yang ke- 57 sekaligus Hari Donor Darah Sedunia. Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir berkerjasama dengan BPJS kesehatan cabang Tembilahan PMI Inhil Dinkes Inhil Melakukan Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah.

Untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka milad Inhil yang ke -57 tersebut Dinkes Inhil melakukan kegiatan senam sehat dan juga melakukan kegiatan Bhakti sosial donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), Konsultasi gizi dan pemeriksaan Pap smear di halaman gedung bersama Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga dan Budaya (DISPORABUDPAR), jalan Swarna Bumi Tembilahan, Minggu (12/6/2022) pagi.

Saat diwawancarai awak media di lokasi acara PLT Kadis Dinkes Inhil Budi Pemungkas melalui Kepala bidang (Kabid) Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Devi Natalia, SKM, MH menyebutkan Dinkes Inhil ikut berperan melakukan pemeriksaan kesehatan dalam rangka memperingati Milad Inhil ke-57 dan Hari Donor Darah Sedunia.


“Tadi sudah melakukan kegiatan senam sehat bersama kemudian pemeriksaan kesehatan antara tensi tinggi badan berat badan lingkar perut cek kolesterol cek gula darah terus pemeriksaan papsmear,” ungkap Devi

Sebagai panitia kegiatan Devi juga mengungkapkan bahwa sudah menyurati OPD untuk mengikuti pelaksanaan Donor Darah, namun untuk mengecekan Pap Smear mendeteksi kanker leher rahim (serviks) pada wanita. kurang diminati ibu-ibu.

“Mungkin sosialisasi langsung kurang, tapi kita sudah menghimbau melalui spanduk, media massa dan sampai saat ini baru ada 7 orang yang mendaftar, karena mungkin takut diperiksa, Kedepannya supaya masyarakat mengetahui akan ditingkatkan lagi sosialisasi,” ujarnya.

Selian itu Dinas kesehatan ikut berperan dalam penyelenggaraan senam sehat bersama, yang juga melibatkan tenaga kesehatan dari 3 Puskesmas, Puskesmas Tembilahan Hulu, Tembilahan Kota dan Gajah Mada melakukan pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini faktor resiko Penyakit tidak menular serta konseling masalah gizi dalam rangka memperingati Milad Inhil ke-57 dan Hari Donor Darah Sedunia.

Selanjutnya Kabid P2P Inhil menyebutkan Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Dinas Kesehatan merupakan upaya percepatan deteksi dini PTM yang mana PTM ini merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia bahkan di Dunia sehingga diperlukan upaya percepatan deteksi dini, dengan memanfaatkan momen Milad Kabupaten Indragiri Hilir ke-57 tahun 2022.

“Ya PMI juga ambil bagian dalam kegiatan Donor Darah, kemudian BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Laboratorium Prodia Pekanbaru melakukan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (PAP SMEAR). Dengan melakukan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) nanti nya akan diketahui faktor resiko PTM sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan termasuk diet gizi seimbangnya,” tutupnya.*

Previous articleAnak Muda Ini Galang Dana Dengan Cara Live Musik Akustik di Coastal Area, Untuk Bantu Balita Penderita Kista Hati Asal Moro
Next articlePemerintah Kabupaten Asahan Kembali Gelar CF