source : Alodokter
source : Alodokter

Tidak akan ada orang yang menginginkan hal buruk terjadi didalam hidup mereka, begitu jug halnya dengan masalah kanker. Namun, sayangnya kanker adalah salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang manusia dan berpotensi berbahaya serta menjadi pembunuh yang sering ditakutkan.

Ada beberapa derajat tingkatan keparahan dari kanker ini sendiri. Namun, orang-orang cenderung lupa akan tingkatan tersebut. Sebelum mendapati adnaya tingkat keparahan yang lebih lanjut, yuk kita simak cara deteksi dini kanker ini. Bagaimanapaun, kewaspadaan adalah hal terpenting yang bisa mencegah banyak hal buruk.

1. Perubahan Warna Kulit

Seseorang yang memiliki sel kanker akan memiliki perubahan dalam warna kulit mereka. Cenderung akan memerah dan bahkan menghitam, tak jarang juga perubahan warna kulit juga diikuti banyak hal lain seperti adanya benjolan yang bertambah ukuran, gatal-gatal, bersisik dan perubahan pada pertumbuhan bulu halus di dekat kulit.

3. Perubahan Pada Rambut

Tidak semua orang yang memmiliki banyak masalah rambut seperti kerontokan merupakan gejala awal kanker, namun ini bisa menjadi salah satunya. Biasanya orang-orang yang memiliki sel kanker akan cenderung mengalami banyak maslaah rambut seperti rambut yang mudah rontok dan pertumbuhan sel rambut baru yang cenderung lebih lama.

4. Berat Badan

Jika anda tidak sedang diet, atau melakukan hal lainnya yang berhubungan dengan kehilangan berat badan maka waspadalah jika tiba-tiba anda menjadi kian kurus. Sel kanker yang berkembang dalam tubuh seseorang akan cenderung membuat mereka menjadi kurang sehat dan membuat mereka menjadi kehilangan sejumlah berat badan secara signifikan.

5. Potensi Genetik

Apakah dalam riwayat keluarga anda ada yang memiliki masalah kanker? Kanker apapun itu biasanya akan berhubungan erat dengan masalah genetik. Ini berarti ada kecendrungan sel kanker akan diturunkan dalam keluarga terdekat. Jadi seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit kanker akan lebih cenderung memiliki masalah kanker di masa depan. Inilah mengapa faktor genetik menjadi pertimbangan seseorang untuk lebih waspada akan masalah kanker yang diturunkan.

6. Masalah Pencernaan

Terkadang tanda awal dari adanya kanker hanya bersifat masalah biasa seperti kesulitan menelan, lidah yang berubah bentuk dan warna serta adanya rasa mulas. Bercak putih yang ada dilidah juga terkadang menjadi tanda awal serta adanya konstipasi yang tidak sembuh. Perubahan pada warna tinja dan ukurannya.

Baca Juga : gerakan deteksi dini kanker serviks dan payudara

Ada banyak sekali tanda awal dari deteksi dini masalah kanker. Namun, jika anda merasakan ada gejala aneh dan ini tidak beres dari tubuh anda. Cobalah sedini mungkin melakukan pemeriksaan kesehatan. deteksi dini bisa menyelamatkan siapa saja dari keparahan sel ganas kanker yang menyrang tubuh, salam sehat!