Dinkes Gelar Kegiatan Bulan Deteksi Dini PTM di Lingkungan Pemkab Inhil

Inhil – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Kegiatan Bulan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) dan aktivitas senam fisik bersama serta edukasi gizi seimbang pada ASN dan non ASN dilingkungan Pemkab, yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan, Jalan Gajah Mada, Tembilahan, Kamis (2/6).

Plt kadiskes Budi N Pamungkas S.Tp, M.Si melalui Kabid Kesehatan masyarakat (Kesmas) Devi Natalia, SKM, MH mengatakan, Kegiatan Bulan deteksi dini penyakit tidak menular dilakukan secara rutin minimal setahun sekali untuk deteksi dini dan setiap bulan untuk penderita PTM. Tujuan dari kegiatan ini untuk mendeteksi faktor resiko penyakit tidak menular.

“Seperti halnya, ASN, pekerja formal dan informal, untuk deteksi dini penyakit tidak menular(PTM) dilakukan 1 tahun sekali di Puskesmas, puskesmas pembantu, Posyandu, Posbindu PTM dan Fasilitas kesehatan lainnya serta institusi tempat kerja seperti yang kami lakukan saat ini, ” ujar Devi Natalia, SKM, MH Sekai Kabid Kesmas.

Lebih lanjut dikatakan, yang menjadi sasaran kegiatan adalah masyarakat umum yang berusia 15 tahun keatas.

“Dimana kita tau saat ini PTM merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia maupun dunia sehingga diperlukan percepatan pencegahan melalui kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) seperti rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, peningkatan aktivitas fisik dan edukasi gizi seimbang,” ujarnya.

Terakhir, ia mengatakan, Untuk penderita diabetes melitus diharapkan melakukan deteksi dini komplikasi melalui pemeriksaan Elektrokardiografi, profil kolesterol darah dan pemeriksaan HBA1C.(ADV)

Previous articlePendaftaran Ditutup, 7 Bakal Calon Rektor UNISI Masuki Tahap Seleksi Administrasi
Next articleBersembang Bersama Wartawan, Ini Cerita Kapolsek Kundur, Kompol Qomarudin