Inhil – Bertempat di aula hotel Inhil Pratama Tembilahan, Rabu (10/11/2021) dilaksanakan Pelatihan pengolahan Sabut Kelapa TH 2021 yang dibuka Bupati Indragiri Hilir yang di wakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Tantawi jauhari, MM.

Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 10 s/d 11 November 2021 diikuti 20 orang dari perwakilan BUMDes yang ada di Kabupaten Inhil.

Turut hadir Sekretaris Dinas PMD, Sekretaris Dinas Perindag, leader DMIJ plus Terintegrasi, narasumber dan peserta pelatihan serta undangan lainnya

Sebelum sambutan Bupati Indragiri Hilir dilaksanakan pengalungan tanda peserta.

Dalam sambutannya bupati Indragiri hilir yang di bacakan oleh asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Drs. Tantawi jauhari, MM : melalui pelatihan ini mari kita membuka mata terhadap peluang yang ada didepan mata kita semua, mari kita kelola sumber daya kita yang melimpah ini sabut kelapa seakan terbuang dan tidak dibutuhkan padahal apabila dikelola dengan optimal akan menjadi produk dengan nilai ekonomi yang tinggi. Pengelolaannya sebaiknya dilakukan melalui Lembaga BUM desa yang telah ada di 197 desa di kabupaten Indragiri hilir.berdasarkan data dari dinas PMD kabupaten Indragiri hilir kita memiliki 33 BUM desa yang memiliki unit Kelapa dan masih akan terus bertambah mari kita jadikan potensi pengelolaan sabut kelapa ini sebagai sumber dalam penggalian potensi desa dalam pembentukan unit-unit BUM desa kedepan. Pengurus BUM desa harus proaktif jangan menunggu harus bisa mencari peluang peluang pasar yang ada.jalin koneksi di luar daerah bahkan di luar negeri dalam hal mencari pasar penjualan produk turunan sabut kelapa ini.