Inhil – Dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Indragiri Hilir mengelar melaksanakan kegiatan olahraga mencanangkan Gerakan Indragiri Hilir melawan Osteoporosis, bertempat di aula kantor Bappeda, Kamis (22/9/2022) pagi.

Kegiatan pencanangan Gerakan Indragiri Hilir melawan Osteoporosis turut dihadiri, Unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Edi Gunawan, Wakil Bupati H.Syamsuddin Uti, Ketua Perwasuti Provinsi Riau, Ketua TP PKK Hj. Zulaikhah Wardan serta seluruh Organisasi Wanita dan Camat Tembilahan Kota.


Dalam sambutannya, Ketua Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwasuti) Inhil Hj.Marwiyah Afrizal, mengungkapkan bahwa Senam Osteoporosis rutin di lakukan di Indragiri Hilir. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam menjaga kesehatan tulang, untuk mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis.

BACA :  Tanggapan Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda Inhil

“Sehingga tujuan Perwatusi dalam menurukan angka kejadian osteoporosis dapat tercapai,” ujarnya.


Selanjutnya, harapan setelah Gerakan Inhil Melawan Osteoporosis ini di canangkan senam osteoporosis semakin dikenal masyarakat, tidak hanya di Kabupaten tetapi juga di tingkat Kecamatan dan Desa.

Dalam sambutannya, Bupati HM. Wardan kepada seluruh warga untuk mewaspadai penyakit Osteoporosis. Karena, menurut organisasi kesehatan Dunia (WHO) 50% kejadian patah tulang bermula dari Osteoporosis yang berujung dengan cacat seumur hidup hingga kematian.

BACA :  Dinkes Inhil Imbau Masyarakat untuk Sementara Stop Gunakan Parasetamol Syrup

“Kita jaga kesehatan dengan olahraga sehingga tulang kita kuat dan mudah-mudahan terhindar dari tulang keropos,” ujar Bupati Inhil HM Wardan.

Bupati menambahkan, Peluang kejadian osteoporosis, baik pada wanita, kalangan lanjut usia, ataupun usia muda juga semakin meningkat dalam masa pandemi covid-19 ketika masyarakat lebih banyak beraktivitas secara daring.

Terakhir Bupati HM. Wardan mengajak seluruh warga mari masyarakat kegiatan olahraga senam pencegahan Osteoporosis sebagai upaya membangun kesadaran bersama akan pentingnya kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

BACA :  Dinkes Inhil Terima Laporan Terkait Kesehatan Warga di Kuala Sebatu, Penyakit Gatal-gatal Terbanyak

“Ayo masyarakat kabupaten Indragiri Hilir kita rutin melakukan senam bersama dengan itu sehingga kesehatan kita dapat terjaga dan terpenting terhindar dari osteoporosis,” tutup Bupati Inhil HM Wardan.*

Previous articlePemda Anambas Sampaikan Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD tahun 2022
Next articlePemkab Asahan Serahkan Bantuan Alat Musik Gamelan ke DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan