Home Kepri Kundur

Germas Kundur Utara Diluncurkan, Masyarakat Diajak Tingkatkan Pola Hidup Sehat

Germas-Kundur-Utara-Diluncurkan

Kundur News – Tanjung Berlian – Kesehatan merupakan anugerah Tuhan yang sangat berharga, dengan sehat kita bisa beraktifitas dan berkarya, kesehatan pun menjadi kebutuhan utama didalam kehidupan ini, mengingat hal tersebut maka pemerintah Kecamatan Kundur Utara bekerja sama dengan Puskesmas setempat mengelar sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat terhadap warga Kecamatan Kundur Utra pada hari Sabtu 20 Mei 2017 bertempat di lapangan Tugunas Tanjung Berlian Kota Kecamatan Kundur Utara, yang melibatkan unsur pimpinan kecamatan serta para ketua RT, RW, PKK, LPM, BPD dan tokoh Agama.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Germas dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Kundur Utara Ery Novaljadinata menjelaskan, Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Penting untuk mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif.

“Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat,” ujarnya.*

==========================