gorontalo_ingin_adopsi_cara_bali_tangani_inflasi
Benchmarking Infrastuktur Ekonomi Lokal Pengendalian Inflasi dan Pencapaian MDG's Pemprov Gorontalo dan Pemprov Bali yang digelar oleh Biro Kesra dan Ekonomi Pemerintah Provinsi Gorontalo di Ruang Tabanan, Hotel Sanur Paradise, Sabtu (1/4).

Html code here! Replace this with any non empty text and that's it.

Kundur News – Denpasar – Pemerintah Provinsi Gorontalo berkeinginan mengadopsi langkah-langkah pemerintah Daerah Bali dalam menangani inflasi. Termasuk belajar dari pemerintah provinsi Bali cara menekan laju inflasi. Keinginan tersebut disampaikan Sekda Provinsi Gorontalo  Prof.Dr. Ir.Hj.Winarni Mondarfa dalam acara Benchmarking Infrastuktur Ekonomi Lokal Pengendalian Inflasi dan Pencapaian MDG’s Pemprov Gorontalo dan Pemprov Bali yang digelar oleh Biro Kesra dan Ekonomi Pemerintah Provinsi Gorontalo di Ruang Tabanan, Hotel Sanur Paradise, Sabtu (1/4).

Mondarfa yang juga merupakan Ketua TPID Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwa hampir sama dengan Bali , Pemprov Gorontalo juga telah membentuk TPID di 5 kabupaten / kota di Gorontalo. Meskipun berhasil menekan angka inflasi namun tingkat angka kemiskinan Gorontalo masih sangat tinggi yang disebabkan masyarakat Gorontalo sebagian besar bergantung pada sektor pertanian yang sangat berpengaruh pada kondisi iklim.

Penjabat Gubernur Gorontalo Prof.Dr.Zudan Arif Fakrulloh,SH,MH dalam arahannya  tentang strategi meningkatkan kesejahteraan sosial Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwasannya Provinsi Gorontalo masih terus berbenah diri terutama dari segi peningkatan pendapatan daerah, penurunan inflasi serta penurunan angka kemiskinan. Mengingat hingga tahun 2016 Provinsi Gorontalo masih tercatat diposisi ke 5 tertinggi angka kemiskinannya se Indonesia yaitu di angka 17-18℅.

Zudan Arif juga menyampaikan bahwa tingkat inflasi Gorontalo yang berkisar di angka 1,30℅  dipengaruhi oleh sektor  pertanian terutama bawang, merica,tomat   yang sangat bergantung pada iklim. Kedepannya perlu direncanakan pergeseran  dari sektor pertanian  ke industri, pariwisata dan pendidikan yang tidak bergantung pada iklim. ” Banyak hal yang bisa kita pelajari dari Provinsi Bali khususnya dari segi pariwisata nya. Sehingga kedepannya Gorontalo tidak hanya bergantung pada sektor pertanian namun juga lainnya seperti sektor pariwisata, ” papar Zudan Arif.

Sedangkan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta yang juga selaku Ketua TPID Provinsi Bali mengakui bahwa keberhasilan Pemerintah Provinsi Bali melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID ) menurunkan laju  inflasi dalam beberapa tahun terakhir hingga mengantarkan Pemprov Bali  meraih penghargaan tingkat nasional sebagai TPID terbaik Kawasan Timur Tahun 2016  bukanlah pekerjaan yang mudah namun merupakan hasil kerja keras dari semua jajaran.Kehalaman_Selanjutnya