BATAM – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bonus bagi para atlet dan pelatih Provinsi Kepri berprestasi, yang pernah berjuang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 20211 lalu, bonus diberikan di Graha Kepri, Batam, Kamis (28/4).

Adapun daftar besaran bonus peraih medali PON XX Papua 2021 adalah, Rp350 Juta untuk atlet peraih medali emas cabang olah raga Layar, Rp75 Juta untuk medali perak cabang olah raga layar, Rp90 Juta untuk masing-masing medali perunggu cabang olah raga tinju, taekwando, biliar, dan sepak takraw.

Sedangkan bonus untuk pelatih sebesar Rp175 Juta untuk medali emas cabang olah raga layar, Rp90 Juta untuk medali perak cabang olah raga layar, dan masing-masing Rp45 Juta untuk medali perunggu cabang olah raga tinju, biliar, taekwando dan sepak takraw.

Pada kesempatan itu Ansar Ahmad menyampaikan rasa gembiranya, karena dapat bersilaturahmi dengan para atlet Kepri setelah sekian lama sejak PON XX di Papua Tahun 2021 usai. Kali ini ia berkesempatan memberikan apresiasi kepada atlet yang berprestasi pada beberapa cabang olahraga, yang telah meraih medali baik emas, perak, maupun perunggu pada ajang empat tahunan tersebut.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau saya menyampaikan ucapan terimakasih, terutama kepada adik-adik dan anak-anak yang berprestasi,” ucap Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad yakin, perjuangan berkompetisi melawan atlit dari 33 Provinsi yang lain itu bukanlah hal yang mudah. Perlu kemampuan khusus dan semangat yang tinggi. Akan tetapi berkat perjuangan dan kerja keras para atlet patut diapresiasi, sehingga Kepri dapat mendulang cukup banyak medali.

“Maka kedepan kita wajib mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini,” harapnya

Kedepan kata Ansar Ahmad, bersama KONI dia akan membicarakan kelanjutan pusat-pusat pelatihan (PPLP), bagi cabang-cabang olahraga yang menghasilkan medali. Dan jika Pemprov memiliki kemampuan keuangan yang cukup, bisa ditambahkan pada cabang-cabang lain yang punya potensi meraih medali.

“Oleh karena itu saya berharap kita tetap semangat dan jangan berhenti berlatih. Apalagi kita merupakan provinsi kepulauan yang dekat dengan laut, saya yakin kita punya potensi-potensi yang bisa kita kembangkan yang tidak dipunyai oleh daerah lain,” pinta Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad juga megucapan terimakasih kepada KONI, para pelatih, dan para pendidik yang ikut serta mendampingi para atlit. Termasuk juga kepada Satuan Brimob Polda Kepri yang telah mendampingi dan memberikan rasa aman selama pelaksanaan PON XX Papua.

“Ini dapat kita hasilkan karena kebersamaan dan kekompakan kita semua. Tentunya kedepan KONI harus terus mengidentifikasi dan mempelajari agar anggaran yang kita keluarkan proporsional dengan hasil yang kita peroleh. Jangan anggarannya besar hasilnya kecil, kalau bisa anggarannya kecil hasilnya besar,” jelasnya.

Ansar Ahmad juga berpesan, agar para atlet dapat terus berlatih, semangat, dan jangan pernah merasa rendah dengan yang lain, serta berusaha terus menjadi yang terbaik.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Umum KONI Kepri Usep RS, Waketum KONI Kepri Asmin Patros, Kadispora Kepri Muhammad Iksan, Plt. Kaban Kesbangpol Lamidi serta hadir juga Staf Khusus Gubernur Angelinus dan Anto Duha.(*)