Home Riau INHIL Gubri Didampingi Bupati Inhil Laksanakan Panen Raya Padi di Keritang, Serta Serahkan Alat Mesin Pertanian 

Gubri Didampingi Bupati Inhil Laksanakan Panen Raya Padi di Keritang, Serta Serahkan Alat Mesin Pertanian 

0
Gubri Didampingi Bupati Inhil Laksanakan Panen Raya Padi di Keritang, Serta Serahkan Alat Mesin Pertanian 

Keritang – Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar bersama Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H. Muhammad Wardan melakukan Panen Raya Padi di Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang, Rabu (21/06/2023) siang.

Hadir juga dalam kesempatan, Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar, Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, Kadis PTPH dan beberapa Kadis terkait Provinsi Riau, Kadis PTPH Kabupaten Inhil juga beberapa Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Inhil, Camat dan Unsur Forkopimcam Kecamatan Keritang, Ketua Gapoktan, Kelompok Tani serta tamu undangan lainnya.

 

Bupati Inhil H. Muhammad Wardan dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Inhil memiliki luas lahan sawah yang saat ini adalah sawah yang terluas di Provinsi Riau. Luas tanam padi di Kabupaten Inhil adalah seluas 22.398,57 Ha dengan luas panen 17.985,65 Ha, terang Bupati

 

Dikatakannya, Daerah sentra produksi padi di Kabupaten Inhil terdapat di 11 Kecamatan, dan dari 11 Kecamatan tersebut masuk dalam pengembangan wilayah kawasan sentra produksi pangan (KSPP) atau food estate ada 7 Kecamatan yaitu Kecamatan Keritang, Reteh, Batang tuaka, Sungai Batang, Tembilahan Hulu, Kempas dan Tempuling,” terang Bupati

 

Untuk itu, melalui momen panen raya padi yang dilaksanakan bersama bapak Gubri pada hari ini, Bupati H. Muhammad Wardan berharap Pemerintah Provinsi Riau bisa terus mensupport petani di Kabupaten Inhil untuk bisa lebih giat melakukan kegiatan bertanam padi baik melalui program Gerakan Riau Bertani maupun kebijakan lainnya.

“Insya Allah tahun ini kami Pemerintah Daerah juga telah mengalokasikan bantuan kepada petani kita di Kecamatan Keritang antara lain, 4 unit power thresher di Desa Seberang Pebenaan, Kayu Raja, Nusantara Jaya, Kotabaru Reteh, 1 unit colour sorter di Desa Kuala Lemang, dan 1 unit vertical dryer dan bangunan gudang di desa seberang Pebenaan.

 

Sementara Gubri Syamsuar mengatakan, pada pelaksanaan panen raya padi di Desa Pasar Kembang Kecamatan Keritang ini sekaligus berdialog bersama petani dalam rangka untuk meningkatkan produksi tanaman padi.

 

“Inhil merupakan lumbung pangan Riau, dan yang terluas tanaman padi ini adalah di Inhil, karena itu kami punya perhatian untuk lebih lagi, sehingga tadi pada waktu berdialog masih banyak kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan petani. Insya Allah akan kita perjuangkan melalui APBD kita agar apa yang menjadi kebutuhan petani itu dapat kita persiapkan dengan sebaiknya,” tutupnya

Dalam acara juga dilakukan penyerahan bantuan oleh Gubri Syamsuar didampingi Bupati H. Muhammad Wardan yang diantaranya berupa alat mesin pertanian dan sarana produksi.

 

Sumber Prokopim Setda Inhil